Mulai Terapkan Gapeka 2021, Sejumlah Stasiun Alami Kenaikan Penumpang

  • Whatsapp
Mulai Terapkan Gapeka 2021, Sejumlah Stasiun Alami Kenaikan Penumpang
Persebaran Volume Pengguna KRL Commuter Line [istimewa/KAI Commuter]

Jakarta, MonitorIndonesia.com – Sejumlah stasiun di wilayah Jabodetabek mengalami kenaikan jumlah penumpang pasca penerapan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA 2021) pada Senin (15/2/2021).

Dari data yang disampaikan oleh pihak KAI Commuter hingga pukul 09:00 WIB jumlah pengguna KRL sejumlah 134.641 orang atau bertambah 5% dibanding waktu yang sama pada Senin (8/2/2021) pekan lalu yang berjumlah 127.759 orang dan mencapai 389.275 pengguna hingga jam operasional berakhir.

Sejak kemarin, KAI Commuter melakukan sejumlah penyesuaian jadwal operasional hasil evaluasi penerapan Grafik Perjalanan Kereta Api 2021 dengan mengoperasikan 986 perjalanan KRL per hari dimulai pukul 04.00-22.00 WIB,” ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, Senin (15/2/2021).

Ada 3 stasiun yang mencatat kenaikan jumlah pengguna, yakni Stasiun Bogor (11.012 pengguna, naik 36% dibanding waktu yang sama pekan lalu), Stasiun Bojonggede (10.883 pengguna, naik 16%), dan Stasiun Cilebut (7.200 pengguna, naik 3%).

Sementara di 3 stasiun lain jumlah pengguna tercatat turun, misalnya di Stasiun Citayam (8.494 pengguna, turun 4% dibanding waktu yang sama pekan lalu), Stasiun Bekasi (5.908 pengguna, turun 8%), dan Stasiun Depok (3.930 pengguna, turun 28%).

“Dengan pemberlakuan jadwal baru ini, KAI Commuter berharap para pengguna dapat merencanakan kembali perjalanannya dan bekerja sama untuk tidak naik ke dalam kereta yang telah terisi sesuai marka yang ada yaitu 74 orang per kereta,” kata Anne Purba.

Untuk pola operasi perjalanan KRL lintas Bekasi – Manggarai/Jakarta Kota, KAI Commuter akan mengatur sejumlah pola operasional perjalanan KRL, antara lain:
– Pukul 07.20 tersedia pemberangkatan dari Stasiun Bekasi tujuan Stasiun Manggarai.
– Memperpanjang relasi perjalanan KRL No.1361 yang sebelumnya hanya sampai Stasiun Manggarai (relasi Bekasi-Manggarai), diperpanjang relasi tujuannya hungga Stasiun Jakarta Kota (relasi Manggarai-Jakarta Kota) dengan jadwal keberangkatan tetap sama pada pukul 08:08 WIB.

Sementara pada lintas Bogor/Depok – Manggarai/Jakarta Kota, KAI Commuter akan melakukan perubahan pola operasi perjalanan KRL dengan memperpanjang relasi sejumlah perjalanan KRL dari Stasiun Bogor, yaitu:
– Perjalanan KRL KA 1097 dengan jadwal pemberangkatan dari Stasiun Bogor 07:55 WIB, yang sebelumnya hanya sampai Stasiun Depok, mulai Senin akan berubah relasi perjalanannya menjadi tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota (relasi Bogor-Jakarta Kota)
– Perjalanan KRL KA 1103 jadwal keberangkatan Stasiun Bogor 08:25 WIB dengan tujuan Depok (relasi Bogor-Depok), mulai Senin esok berubah untuk mengakomodir kebutuhan penggunanya menjadi tujuan akhir perjalanan ke Stasiun Manggarai (relasi Bogor-Manggarai).

Untuk menjaga jumlah pengguna KRL di Seluruh Stasiun, KAI Commuter juga akan melakukan pengaturan kuota dinamis untuk penguna KRL pada pemberangkatan KRL di seluruh lintas, terutama pada Lintas Bogor, Depok, Bekasi, Cikarang dan beberapa stasiun yang pada pagi hari menjadi titik pemberangkatan pengguna, agar tetap terjaga physical distancing dengan jumlah 74 orang di dalam tiap kereta.

Untuk menghindari kepadatan pada Senin pagi para, pengguna yang memiliki lokasi aktifitas berbeda saat hari kerja disarankan memanfaatkan hari ini untuk kembali. Mobilitas pengguna KRL di hari-hari kerja masih berfokus pada jam sibuk pukul 07.00-08.00 WIB di pagi hari dan pukul 17.00-18.00 WIB pada jam sibuk sore hari.

“GAPEKA baru ini juga telah mengakomodir penambahan frekuensi kereta pada jam-jam sibuk tersebut. Dengan perubahan dan penambahan perjalanan ini, KAI Commuter berharap dukungan dari para pengguna selama masa penyesuaian untuk memperhatikan jadwal terbaru dan beradaptasi dengan jadwal yang ada. KAI Commuter juga masih melakukan evaluasi dalam pelaksanaan GAPEKA 2021 ini dan mendengar masukan dari para pengguna,” tambah Anne Purba.

Pos terkait