Nasdem Desak Pemprov DKI Perhatikan UMKM di Masa Pandemi

  • Whatsapp
Nasdem Desak Pemprov DKI Perhatikan UMKM di Masa Pandemi

Monitorindonesia.com – Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM merupakan sektor yang paling rentan terdampak pandemi Covid-19. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyebabkan banyak usaha mikro kecil berhenti beroperasi.

Terkait Hal itu, anggota Fraksi NasDem Jupiter meminta Pemprov DKI memberikan stimulus kepada UMKM. Hal agar perekonomian kembali menggeliat di tengah kelesuan akibat Pandemi

Bacaan Lainnya

“Kami minta Pemerintah DKI berikan stimulus kepada UMKM, pedagang kecil . Karena saat Pandemi mereka sangat terdampak sekali. Jangan sampai mereka akhirnya gulung tikar sehingga berakibat bertambahnya angka pengangguran di Ibukota,” kata Jupiter di Jakarta, Selasa (1/6/2021).

Selain itu Pemprov DKI juga mesti memberdayakan UMKM sebagai bentuk keberpihakan pemerintah kepada masyarakat kecil.

“Harus ada keberpihakan dari Pemprov DKI terhadap mereka yang paling terdampak, seperti buruh harian (sektor informal), pedagang kecil (UMKM),” tegasnya.

Seperti Diketahui di masa Pandemi, pemerintah memberikan banruan berupa uang dalam program BLT UMKM. Masyarakat bisa mendapatkan dana BLT UMKM dengan mencairkan melalui himpunan bank-bank milik negara (Himbara) sebesar 2,4 juta. Namun dana itu tidak diberikan setiap bulan, namun jangka waktu program BLT tidak menentu.

Disebutkan Jupiter, BLT tidak akan cukup untuk menanggulangi dampak dari pandemi, karenanya harus ada peran serta Pemprov DKI. “Pemprov bisa mengisinya dengan program lain, misalkan tempat usaha yang lebih kondusif bagi situasi pandemi, membantu pemasaran dan peningkatan kualitas produknya,” tandas anggota komisi C DPRD itu. (Zat).

Pos terkait