Polri Terbitkan SKCK Gibran Rakabuming Raka

Rekha Anstarida
Rekha Anstarida
Diperbarui 23 Oktober 2023 10:53 WIB
Gibran Rakabuming Raka
Gibran Rakabuming Raka

Jakarta, MI - Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Polri telah mengeluarkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) untuk Gibran Rakabuming Raka.

Karo Penmas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan SKCK tersebut diterbitkan pada hari ini dan ditandatangani langsung Kabaintelkam Polri Komjen Suntana.

"SKCK atas nama Gibran sudah terbit dan ditandatangani Pak Kabaintelkam pagi ini jam 09.00 WIB," kata Ramadhan kepada wartawan, Senin (23/10).

Sebelumnya, bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto secara resmi mengumumkan Gibran Rakabuming sebagai bakal calon wakil presidennya.

Ketua Umum Partai Gerindra itu mendeklarasikan Gibran usai melakukan pertemuan dengan para petinggi partai yang tergabung dengan KIM di jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Minggu (22/10).

"Kita telah berembuk secara final secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan Saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari Koalisi Indonesia Maju," ujar Prabowo di kediamannya. 

Prabowo menegaskan tak ada yang perlu ditanyakan lagi mengenai keputusan tersebut. Dia kembali menyatakan keputusan tersebut merupakan konsensus dari parpol KIM.

"Tidak perlu ada yang ditanyakan lagi ini keputusan, afirmasi bulat dan konsensus dan kita siap maju untuk Indonesia Maju," ujar dia.

Lebih lanjut, Prabowo mengatakan ia bersama Gibran akan resmi didaftarkan ke KPU pada Rabu (25/10) mendatang. Prabowo menyebut keputusan itu final dan diputuskan secara aklamasi.

"Pengumuman yang ditunggu, ini sekaligus adalah deklarasi yang kita sampaikan ke masyarakat umum dan pada tanggal 25 (Oktober), Rabu kita akan daftar di KPU," jelasnya.