Joko Widodo Bakal Temui Joe Biden Minta Perang Israel-Hamas Dihentikan

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 9 November 2023 19:53 WIB
Presiden Joko Widodo [Foto: YouTube/@Jokowi]
Presiden Joko Widodo [Foto: YouTube/@Jokowi]

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo mengungkapkan rencana pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, untuk meminta menghentikan perang antara Israel dan Hamas.

Pertemuan tersebut rencananya bakal berlangsung, setelah Joko Widodo menghadiri KTT Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Adapun puncak pertemuan tersebut akan digelar di Riyadh, Arab Saudi, pada Minggu (12/11).

"Dari hasil OKI nanti saya akan diutus untuk menyampaikan kepada Presiden Joe Biden agar perang di Hamas-Israel bisa di-stop, bisa segera dihentikan, tetapi yang dibicarakan apa nanti masih pada hari Sabtu-Minggu," kata Joko Widodo kepada wartawan di Purwakarta, Kamis (9/11).

Amerika Serikat merupakan sekutu Israel, sehingga posisi negara Paman Sam itu dinilai sangat berpengaruh terhadap konflik di Gaza. Jokowi pun memastikan, situasi di Gaza bakal menjadi pembahasan dalam KTT OKI akhir pekan ini.

"Yang jelas nanti Insyaallah besok malam saya akan meluncur ke Saudi Arabi untuk ikut dalam KTT OKI khusus Gaza," tandasnya.

Seperti diketahui, konflik antara Israel dan Hamas sampai saat ini tak kunjung usai. Akibatnya, lebih dari 10.000 korban tewas di Gaza, termasuk anak-anak dan perempuan.

Indonesia sendiri telah menegaskan dukungannya terhadap Palestina. Pada Sabtu (4/11), Indonesia telah menerbangkan 51,5 ton bantuan untuk rakyat Palestina yang terjebak di Gaza buntut adanya konflik.