Agus Subiyanto Jalani Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Hari Ini

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 13 November 2023 08:48 WIB
KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto [Foto: Wikipedia]
KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto [Foto: Wikipedia]

Jakarta, MI - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto, akan menjalani fit and proper test atau uji kelayakan, menjadi calon Panglima TNI, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, pada hari ini, Senin (13/11) sekitar pukul 10.00 WIB.

“Jenderal Agus Subiyanto akan diberi waktu sekitar 30 menit untuk memaparkan visi misinya sebagai calon Panglima TNI secara terbuka,” kata Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid, dikutip Senin (13/11).

Meutya mengatakan, proses pendalaman visi misi akan digelar secara terbuka. Namun apabila ada hal-hal yang bersifat rahasia, akan dilakukan secara tertutup.

“Tapi dibuka dulu di awal untuk bisa diketahui publik semua apa visi misi dari calon Panglima,” jelasnya.

Ia berharap, fit and proper test Panglima TNI yang baru bisa selesai dalam satu hari, dan dapat segera dirampungkan pada pekan depan. Setelah itu, Komisi I DPR akan melanjutkan dengan proses verifikasi faktual, ke kediaman Jenderal TNI Agus Subiyanto

"Mudah-mudahan selesai satu hari. Kalau memang selesai satu hari, kita juga akan, biasa kan, verifikasi faktual untuk melihat kediaman beliau," ujarnya.

"Jadi itu kita selesaikan semuanya minggu depan. Mudah-mudahan di awal minggu sudah beres semua kalau yang di Komisi I," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo mengusulkan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto, sebagai calon Panglima TNI kepada DPR. 

Joko Widodo menilai, Agus Subiyanto memenuhi semua aspek untuk dicalonkan jadi Panglima TNI.

"Pertama, beliau ini kan Wakil KSAD, kemudian menjadi KSAD. Tapi kalau melihat jam terbangnya saya kira di teritorial, kemudian di administratif, akademis, semuanya memenuhi,” kata Joko Widodo, Rabu (1/11).