Calon Panglima TNI Paparkan Visi-Misi ke Komisi I DPR RI

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 13 November 2023 11:31 WIB
Calon Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto (Foto: Dhanis/MI)
Calon Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto (Foto: Dhanis/MI)

Jakarta, MI - Komisi I DPR menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap KSAD Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI. KSAL Muhammad Ali dan KSAU Markesal Fadjar Prasetyo turut mendampingi Agus.

Selain itu, tak ketinggalan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga ikut mendampingi Agus ke ruang rapat Komisi I DPR RI.

Dalan pemaparan visi-misinya, Agus menyampaikan ada 5 pandangannya untuk mewujudkan TNI PRIMA, yakni Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif. 

"Dalam pandangan saya guna terlaksana semua tugas TNI yang telah ditetapkan Saya memiliki visi TNI yang Prima, yaitu TNI yang profesional responsif integratif modern dan adaptif. Dalam rangka membangun industri TNI yang memiliki daya tahan dan daya tempur, guna menghadapi serta mengatasi segala bentuk ancaman gangguan dan tantangan yang akan membahayakan integritas bangsa dan negara," papar Agus di ruang rapat Komisi I DPR RI, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (13/11).

Sedangkan kata Agus, untuk mewujudkan 5 visi tersebut, diperlukan 5 misi untuk mewujudkannya. 

"Yang pertama, memelihara dan memantapkan profesionalisme TNI sebagai alat pertahanan negara," kata Agus. 

Kedua, meningkatkan kemampuan yang responsif dalam menghadapi perkembangan lingkungan strategis. 

"Selanjutnya ketiga, Memantapkan kemampuan TNI yang integratif serta bersinergi dengan kepolisian kementerian dan lembaga dan komponen bangsa lainnya," ujarnya. 

Dan Keempat, Mewujudkan percepatan modernisasi alutsista sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

"Kemudian yang terakhir atau kelima, Mewujudkan TNI yang adaptif terhadap tuntunan tugas dan spektrum ancaman," tuturnya. (DI)