Pekan Depan Joko Widodo Putuskan KSAD Pengganti Jenderal Agus Subiyanto

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 25 November 2023 19:28 WIB
Presiden Joko Widodo [Foto: Instagram]
Presiden Joko Widodo [Foto: Instagram]

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo mengatakan dirinya akan memutuskan, sosok Jenderal yang akan diangkat menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) pengganti Jenderal Agus Subiyanto. 

“(Nama KSAD) Belum. Minggu depan ini saya kira kita putuskan,” kata Jokowi di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (25/11).

Saat ditanya awak media, terkait Panglima Komando Cadangan Strategis (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, yang dinilainya cocok, untuk mengisi kursi KSAD TNI, Joko Widodo enggan memastikan. 

Ia menyebut, bahwa Jenderal Bintang 3 itu memang salah satu kandidat.

“(Pak Maruli KSAD?) Salah satu kandidat, iya,” ujarnya.

Saat ditanya mengenai kandidat-kandidat lain, Jokowi juga enggan bersuara. Ia hanya menjawab pertanyaan awak media dengan berkelakar.

“(kandidat lain) Yang lain,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Jenderal Agus Subiyanto resmi dilantik menjadi Panglima TNI. Pelantikan Agus berdasarkan Keppres Nomor 102/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia. Keppres tersebut ditetapkan di Jakarta pada 22 November 2023.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Meutya Hafid membeberkan tiga nama potensial yang dinilainya cocok, untuk mengisi kursi KSAD TNI.

Mereka adalah Panglima Komando Cadangan Strategis TNI AD (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, dan Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasad Letjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Meskipun demikian, Meutya tidak menutup kemungkinan adanya nama lain untuk dapat mengisi posisi Kasad TNI.

Berita Terkait