Kepala BNPB Bertolak ke Humbahas, Tinjau Longsor Desa Simangulampe

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 4 Desember 2023 09:20 WIB
Longsor batu di Desa Simangulampe, Baktiraja, Humbahas [Foto: Doc. Pemkab Humbahas]
Longsor batu di Desa Simangulampe, Baktiraja, Humbahas [Foto: Doc. Pemkab Humbahas]
Jakarta, MI - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto bertolak menuju Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara (Sumut), Senin (4/12) pagi. 

Suharyanto, dijadwalkan memimpin rapat koordinasi percepatan penanganan darurat bencana, dan meninjau lokasi terdampak banjir bandang yang terjadi di Desa Simangulampe, Baktiraja, Humbahas, pada Jumat (1/12).

Dalam rapat koordinasi tersebut, seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Humbahas akan hadir, mulai dari bupati, danrem, dandim, kapolres, pj sekda kabupaten, kadinsos Provinsi Sumatera Utara, hingga kepala pelaksana BPBD. 

Pada kesempatan itu, Kepala BNPB akan memberikan arahan terkait upaya penanganan darurat dan lebih fokus pada penyelamatan, operasi pencarian serta pertolongan.

Kepala BNPB juga akan menyerahkan dukungan berupa dana siap pakai (DSP) maupun logistik, dan peralatan yang meliputi tenda pengungsi, tenda keluarga, sembako, selimut, matras, velbed, lampu penerangan, genset listrik, hingga mesin pompa air mendukung percepatan penanganan banjir bandang.

Dalam peristiwa ini, sebanyak 11 orang masih dinyatakan hilang dan satu warga ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, akibat bencana yang dipicu curah hujan tinggi. 

Sementara itu, banjir bandang juga mengakibatkan kurang lebih 200 jiwa mengungsi.