Presiden Joko Widodo Resmi Lantik Marthinus Hukom Jadi Kepala BNN

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 8 Desember 2023 11:20 WIB
Presiden Joko Widodo Resmi Lantik Marthinus Hukom Jadi Kepala BNN [Foto: YT/@SekretariatPresiden]
Presiden Joko Widodo Resmi Lantik Marthinus Hukom Jadi Kepala BNN [Foto: YT/@SekretariatPresiden]
Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo resmi melantik Irjen Pol. Marthinus Hukom, jadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12).

Pelantikan Marthinus dituangkan dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 182/TPA Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Narkotika Nasional.

Keppres yang dibacakan Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Farid Utomo ini, berlaku sejak saat ditetapkan.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Presiden Republik Indonesia menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan, menetapkan dan seterusnya, mengangkat saudara Irjen Pol Marthinus Hukom, S.I.K., M.Si sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional terhitung sejak saat pelantikan. Dan kepadanya diberikan hak keuangan dan fasilitas lainnya setingkat menteri sesuai peraturan perundang-undangan,” demikian bunyi Keppres tersebut.

Irjen Pol Marthinus Hukom menjadi Kepala BNN menggantikan Irjen Pol Petrus R. Golose, yang telah memasuki masa pensiun. 

Sebelumnya, Marthinus menjabat sebagai Kepala Detasemen Khusus atau Densus 88 Antiteror Polri sejak 1 Mei 2020. 

Marthinus Hukom, merupakan salah satu aparat Polri yang melakukan operasi penangkapan pelaku teror bom Bali Ali Imron. Pria kelahiran 54 tahun silam, tepatnya 30 Januari 1969, ini masuk Akademi Kepolisian atau Akpol pada 1988 dan lulus pada 1991.