Jokowi Bakal Bahas Pengungsi Rohingya dalam KTT ASEAN-Jepang

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 16 Desember 2023 08:42 WIB
Ratusan pengungsi rohingya di pantai Lamteh Kabupaten Aceh Besar (Foto: ANTARA)
Ratusan pengungsi rohingya di pantai Lamteh Kabupaten Aceh Besar (Foto: ANTARA)
Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membahas mengenai nasib pengungsi Rohingya, dalam KTT Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Jepang, yang akan berlangsung di Tokyo pada Minggu (17/12).

"Ya saya kira sangat relevan untuk dibicarakan," kata Jokowi dalam keterangannya, Sabtu (16/12).

Menurut Jokowi, permasalahan Rohingya bukan hanya masalah bagi ASEAN saja, tapi juga bagi negara-negara yang didatangi para pengungsi tersebut.

"Karena ini juga bukan hanya masalah dunia, bukan hanya masalah ASEAN tetapi juga masalah negara-negara yang didatangi," ujarnya.

"Malaysia memiliki problem yang sama dengan jumlah yang lebih banyak. Kita juga memiliki problem yang sama dengan jumlah yang sekarang agak cukup lumayan banyak," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Jepang pada hari ini, Sabtu (16/12). Jokowi bersama rombongan, terbang ke Jepang melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

"Hari ini saya bersama-sama dengan rombongan terbatas akan melakukan kunjungan kerja ke Jepang," kata Jokowi dalam keterangannya, Sabtu (16/12).

"Jepang merupakan mitra penting, merupakan mitra stertagis bagi Indonesia. Dan Jepang juga mitra penting, mitra staretgis bagi ASEAN," tambahnya.

Dijelaskan Jokowi, bahwa nantinya saat di Tokyo, Jepang, dirinya akan menghadiri tiga acara penting. Salah satunya melakukan pertemuan bilateral, dengan PM Jepang Fumio Kishida.

"Tiga acara utama di Tokyo yaitu melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Kishida, kemudian bersama dengan PM Kishida kita juga akan memimpin KTT ASEAN-Jepang, serta menghadiri KTT AZEC (ASEAN zero emission community)," ujarnya.