Ini yang Dibahas Megawati Saat Bertemu Paus Fransiskus di Vatikan

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 18 Desember 2023 19:51 WIB
Presiden Ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri tiba di Roma, Italia, untuk menjadi juri Zayed Award bersama lima tokoh dunia. (Foto: ANTARA)
Presiden Ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri tiba di Roma, Italia, untuk menjadi juri Zayed Award bersama lima tokoh dunia. (Foto: ANTARA)
Jakarta, MI - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri bertemu Paus Fransiskus di Istana Apostolik, Vatikan, Senin (18/12) dalam kapasitasnya sebagai anggota dewan juri Zayed Award for Human Fraternity 2024.

Selain Ketua Umum PDIP itu, sejumlah tokoh dunia lain seperti, Ketua Komisi Amerika Serikat untuk Kebebasan Beragama Internasional Rabbi Abraham Cooper, Sekretaris Jenderal Zayed Award Mohamed Abdelsalam, Mantan Direktur Jenderal UNESCO, dan Mantan Menteri Bulgaria, Irina Georgieva Bokova juga hadir dalam pertemuan tersebut.

"Kehadiran Megawati dan bersama sejumlah tokoh dunia ini dalam kapasitas sebagai dewan juri Zayed Award untuk Persaudaraan Manusia atau Zayed Award for Human Fraternity 2024," demikian keterangan tertulis DPP PDIP, Senin (18/12).

Adapun pertemuan Megawati bersama sejumlah tokoh dunia dengan Paus Fransiskus, untuk membahas nominasi dan pemenang Zayed Award yang akan diumumkan, pada 4 Februari 2024 mendatang di Abu Dhabi, bertepatan dengan Hari Persaudaraan Manusia Internasional yang diakui PBB.

Para anggota dewan juri Zayed Award dipilih, karena komitmen mereka terhadap pelayanan sosial di seluruh penjuru dunia, dan dalam upaya hidup berdampingan dengan damai.

Sebagai informasi, Zayed Award pertama kali dilaksanakan pada 2019 setelah penandatanganan dokumen persaudaraan manusia, yang bersejarah oleh Paus Fransiskus dan Imam Besar Al-Azhar Ahmed Al-Tayeb di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Zayed Award dibentuk, untuk mengapresiasi individu dan entitas yang berkontribusi besar terhadap peradaban manusia, dan hidup berdampingan secara damai.

Pemenang Zayed Award akan mendapatkan hadiah senilai 1 juta dolar AS (sekitar Rp 15,5 miliar).

Dalam pertemuan itu, Megawati turut didampingi Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan, Michael Trias Kuncahyono, Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani, Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey dan Ketua DPP PDIP bidang Hukum, Yasonna Laoly.

Hadir pula Ketua DPP PDIP Bidang Luar Negeri, Ahmad Basarah dan Zuhairi Misrawi, yang keduanya juga merupakan perwakilan Megawati dalam Zayed Award 2024.