Kunjungi RI, PM Timor Leste Xanana Gusmao Cium Tangan Menlu Retno

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 26 Januari 2024 11:46 WIB
Momen PM Timor Leste, Xanana Gusmao, mencium tangan Menlu Retno Marsudi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/1). [Foto: YT/@SekretariatKabinet]
Momen PM Timor Leste, Xanana Gusmao, mencium tangan Menlu Retno Marsudi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/1). [Foto: YT/@SekretariatKabinet]
Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Timor Leste, Xanana Gusmao, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/1).

Jokowi pun memperkenalkan beberapa menteri, yang ikut dalam penyambutan tersebut. Menteri pertama yang dikenalkan Jokowi adalah, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

Xanana, tampak meraih tangan Menlu retno dan menciumnya. Kemudian, Xanana bersalaman dengan Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung Wibobo, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Kemudian, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Xanana yang tiba di Istana Bogor sekitar pukul 09.00 WIB, diarak oleh pasukan berkuda, marching band, dan pasukan yang mengenakan pakaian tradisional serta tarian tradisional.

Xanana memberi hormat kepada Presiden Jokowi, yang menyambutnya di depan dan keduanya bersalaman. Jokowi dan Xanana kemudian menyaksikan upacara penyambutan di halaman Istana Kepresidenan Bogor.

Upacara itu dilakukan dengan mengumandangkan lagu kebangsaan kedua negara, tembakan meriam 19 kali, dan inspeksi pasukan.

Presiden Jokowi kemudian mengajak Xanana masuk ke Istana Bogor, untuk melakukan foto bersama dan menandatangani buku tamu.