Ajak Masyarakat Hormati Hasil Pemilu, PGI: Saatnya Kembali Bangun Indonesia

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 15 Februari 2024 14:03 WIB
Ketua Umum PGI, Pdt Gomar Gultom [Foto: MI/Repro]
Ketua Umum PGI, Pdt Gomar Gultom [Foto: MI/Repro]

Jakarta, MI - Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) mengajak masyarakat menghormati setiap hasil pemilihan umum (pemilu), seiring telah selesainya masa pencoblosan calon presiden dan wakil presiden.

Ketua Umum PGI, Pdt Gomar Gultom, berharap semua pihak siap menerima hasil dengan lapang dada.

"Rakyat sudah menentukan pilihan dan kita semua harus menghormati hasilnya. Saya berharap semua pihak siap menerima hasil dengan lapang dada," kata Gomar di Jakarta, Kamis (15/2).

Gomar mengatakan hasil penghitungan cepat belum merupakan hasil resmi. Kendati sistem tersebut membuat masyarakat sudah bisa membayangkan hasil akhirnya, sebaiknya semua pihak bersabar menunggu hasil akhir penghitungan manual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ia pun mendorong agar masyarakat kembali merajut persatuan, dan persaudaraan yang sempat terganggu akibat narasi-narasi kampanye lalu, demi Indonesia jaya.

"Kalau ada ketidakpuasan dan merasa keberatan dengan hasil yang ada, hendaknya menempuh jalur yang tersedia disertai bukti dan data pendukung," ujarnya.

Seperti diketahui, pemungutan suara Pemilu 2024 telah diselenggarakan, Rabu (14/2). Proses perhitungan suara pun dilakukan pada hari yang sama.