Reshuffle Kabinet Jokowi: Hadi Tjahjanto Menko Polhukam, AHY Menteri ATR?

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 20 Februari 2024 17:08 WIB
Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto (kiri) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (kanan) (Foto: Kolase MI)
Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto (kiri) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (kanan) (Foto: Kolase MI)

Jakarta, MI - Berhembus kabar bahwa Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto akan mengisi jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). 

Sementara itu, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bakal menggantikan posisi Hadi Tjahjanto yang saat ini masih menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Monitorindonesia.com, pelantikan keduanya dikabarkan akan berlangsung pada esok hari di Istana Negara, besok pukul 11.00 WIB. 

Namun hingga berita ini diterbitkan, belum ada keterangan resmi dari pihak Istana soal isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Adapun kabar mengenai pelantikan Hadi sebagai Menko Polhukam ini diungkapkan oleh Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni. “Isu burungnya demikian (Hadi Tjahjanto ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menko Polhukam)” kata Sahroni dalam keterangannya, Selasa (20/2).

Sementara anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus juga mengatakan dia telah mendapat kabar AHY akan masuk ke Kabinet Indonesia Maju. Dari informasi yang didapat, AHY akan mengisi kursi Menteri ATR/BPN. “Ya saya dapat kabar bahwa Pak Hadi sebagai Menko Polhukam, AHY sebagai Menteri ATR/BPN,” terang Guspardi.

Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra juga tak menjawab lugas perihal kabar AHY masuk Kabinet Indonesia Maju. Menurutnya, reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi. “Jadi, apakah akan ada pelantikan menteri, lalu siapa menterinya, tentu beliaulah yang tahu. Silakan ditanyakan kepada beliau,” kata Herzaky.