Masuk Radar Pilgub Sleman 2024, Ini Profil Mantu Jokowi Erina Gudono

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 9 Maret 2024 14:01 WIB
Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Erina Gudono [Foto: Instagram]
Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Erina Gudono [Foto: Instagram]

Jakarta, MI - Erina Gudono, istri Kaesang Pangarep, masuk dalam daftar calon kandidat untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Kabupaten Sleman 2024. Partai Gerindra memasukkan nama Erina, bersama dengan beberapa kader potensial lainnya dalam bursa calon tersebut.

Lantas, seperti apa rekam jejak menantu Presiden Jokko Widodo (Jokowi) itu?

Pemilik nama lengkap Erina Sofia Gudono, lahir di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, 11 Desember 1996. Wanita berusia 25 tahun itu, merupakan anak ke-3 dari empat bersaudara. 

Meskipun lahir di Amerika Serikat, Erina tumbuh dan dibesarkan di Yogyakarta. Sejak duduk di bangku SD, Erina sudah aktif mengikuti berbagai les hingga olimpiade. Erina juga lulusan sekolah favorit di Yogyakarta, yaitu SMP 5 dan SMP 3 Yogyakarta. 

Ia mengeyam pendidikan S1 di Univeristas Gadjah Mada (UGM) jurusan Ekonomi Manajemen. Saat kuliah pun, Erina juga kerap mengikuti lomba-lomba pada bidang bisnis. 

Setelah lulus S1, ia melanjutkan S2 di Universitas Colombia, Amerika Serikat, Jurusan Public Administration. Sejak 2015, Erina bergabung dengan komunitas yang fokus dengan pendidikan anak jalanan di Yogyakarta. 

Erina juga merupakan finalis Puteri Indonesia DIY 2022. Dalam ajang tersebut, ia berhasil masuk ke babak Top 11 Puteri Indonesia 2022. 

Erina juga pernah menjadi pemenang, dari Dimas Diajeng Sleman 2018-2021. Erina Gudono juga pernah menjadi Delegate di Harvard World Model United Nation. 

Terakhir, ia pernah mendapat gelar juara satu dalam lomba esai di Autralia Libertarian Conference mewakili Indonesia.

Pada 10 Desember 2022 lalu, Erina Sofia Gudono resmi menikah dengan Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi.