One Way Cipali Arah Semarang Diperpanjang hingga Siang Ini

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 9 April 2024 07:57 WIB
Ilustrasi [Foto: Ist]
Ilustrasi [Foto: Ist]

Jakarta, MI - PT Jasa Marga bersama kepolisian kembali memperpanjang lalu lintas one way, untuk mengakomodasi pemudik yang akan pulang kampung di H-1 Lebaran 2024.

Perpanjangan one-way ini mulai dari kilometer 72 ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), hingga kilometer 414 gerbang tol (GT) Kalikangkung, ruas Tol Batang-Semarang, Jawa Tengah.

"Perpanjangan one -way ini yang dijadwalkan selesai pada Senin (8/4/2024) pukul 24.00 WIB, tetapi masih akan terus dilanjutkan atas diskresi Kepolisian hingga Selasa (hari ini) pukul 12.00 WIB," kata Faiza Riani, Marketing & Communication Department Head/Pgs. Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Selasa (9/4/2024).

Menurut Faiza, kebijakan ini berdasarkan data volume lalu lintas kendaraan yang meningkat dari arah Jakarta menuju ke arah Semarang, berdasarkan pantauan visual CCTV dan laporan petugas Kepolisian di lapangan.

"Izin juga didasari prediksi peningkatan lalu lintas yang masih akan berlanjut hingga pagi hari," ujarnya.

Dijelaskan Faiza, rekayasa lalu lintas bersifat situasional sesuai diskresi kepolisian, jika memang kondisi pergerakan pemudik makin melandai, maka rekayasa lalin one-way bisa saja dihentikan.

"Bagi pengguna jalan diimbau untuk selalu berhati-hati di jalan dan mematuhi arahan petugas di lapangan," tandasnya.

Selain itu, kata Faiza, atas diskresi kepolisian dan berdasarkan kondisi lalu lintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek yang berangsur normal kembali. Jasa Marga juga telah menutup rekayasa lalu lintas contraflow kilometer 47 hingga kilometer 70 arah Cikampek ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek sejak Senin (8/4/2024) Pukul 13.26 WIB.