Jokowi Gelar Rapat Internal Hari Ini, Bahas Dampak Serangan Iran ke Israel

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 16 April 2024 08:33 WIB
Presiden Joko Widodo [Foto: Instagram]
Presiden Joko Widodo [Foto: Instagram]

Jakarta, MI - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar rapat internal guna membahas dampak serangan Iran ke Israel, pada Selasa (16/4/2024).

"Bapak presiden akan mengadakan rapat internal mengenai ini. Kita akan mempersiapkan langkah-langkah Indonesia," kata Airlangga usai acara halalbihalal Partai Golkar, Senin (15/4/2024) malam.

Pemerintah Indonesia, juga sudah berbicara dengan duta besar di Jordan, dubes di Teheran, dan yang mewakili dubes Lebanon.

Airlangga juga meminta masyarakat, untuk tidak khawatir karena fundamental ekonomi Indonesia kuat. Meskipun begitu, penguatan ekonomi Amerika Serikat (AS) juga perlu diantisipasi.

Namun, Airlangga menegaskan selama Indonesia solid di bidang ekonomi dan politik, diharapkan transisi dari situasi ini bisa berjalan baik. Soliditas politik juga diperlukan guna menghadapi ketidakpastian ini.

"Kita tentu berharap Dewan Keamanan PBB bisa mengambil langkah-langkah supaya terjadi deeskalasi, bukan eskalasi," tandasnya.

Sebelumnya, Iran melakukan serangan udara pada Sabtu (13/4/2024), terhadap Israel. Tindakan ini, sebagai aksi pembalasan atas serangan udara Tel Aviv di Kedutaan Besar Iran di Damaskus, pada 1 April lalu. 

Serangan tersebut diketahui, telah menewaskan sedikitnya tujuh anggota Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran, termasuk dua jenderal penting. 

Iran mengklaim, serangan terhadap sasaran militer tertentu, sementara Israel menegaskan bahwa sebagian besar serangan tersebut, digagalkan oleh sistem pertahanan udara, meskipun sebuah rudal memang menyerang pangkalan militer di wilayah selatan.