Bangkai Pesawat PK-IFP Dibawa ke Bandara Pondok Cabe

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 19 Mei 2024 22:35 WIB
Bangkai pesawat latih Cessna 2006 bernomor registrasi PK-IFP yang jatuh di Lapangan Sanburst, BSD Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (19/5/2024). [Foto: Repro Antara]
Bangkai pesawat latih Cessna 2006 bernomor registrasi PK-IFP yang jatuh di Lapangan Sanburst, BSD Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (19/5/2024). [Foto: Repro Antara]

Jakarta, MI - Petugas gabungan mengevakuasi bangkai pesawat ringan PK-IFP yang jatuh di Lapangan Sanburst, BSD Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), untuk selanjutnya dibawa ke Bandara Pondok Cabe, Pamulang, Tangsel, pada Minggu (19/5/2024) malam.

Pesawat milik Indonesia Flying Club (Perkumpulan Penerbang Indonesia) itu, akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Dibawa ke Pondok Cabe soalnya pesawat terbang dari sana. Urusan pemeriksaan nanti di sana sama KNKT," kata salah satu anggota Polres Tangsel, yang berada di lokasi kecelakaan.

Tampak pihak kepolisian bekerja sama dengan Basarnas, TNI, Kementerian Perhubungan, dan KNKT ikut membantu evakuasi, sekaligus melakukan pemeriksaan bangkai pesawat.

Puing-puing bangkai pesawat dibawa ke dalam mobil truk berukuran besar. Kemudian, puing sisanya dimasukkan ke dalam mobil Ditlantas Polda Metro Jaya, berukuran kecil. Lalu, bangkai ekor pesawat bagian paling besar diangkat mengunakan crane.

Sebelumnya, pesawat ringan PK-IFP mengalami kecelakaan di Jalan Lapangan Sunburst, BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, pada Minggu (19/5/2024) siang.

Insiden ini, menyebabkan tiga orang tewas. Mereka dari pihak Indonesia Flying Club (Perkumpulan Penerbang Indonesia), dengan jenis pesawat digunakan yaitu tipe Tecnam P2006T, dengan nomor registrasi PK-IFP.

Saat ini tiga jenazah tersebut, telah dibawa ke RS Kramat Jati Polri untuk dilakukan identifikasi.

Adapun dari ketiga korban itu, diketahui bernama Pulung Darmawan, warga Bandung Jawa Barat, Mayor Suanda (belum diketahui asal daerah), Farid (belum diketahui asal daerah).