Sidang Isbat Idul Adha Digelar Sore Ini

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 7 Juni 2024 07:34 WIB
Ilustrasi [Foto: Ist]
Ilustrasi [Foto: Ist]

Jakarta, MI - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penetapan Hari Raya Idul Adha pada 1 Zulhijah 1445 Hijirah di Auditorium HM Rasjidi Kemenag RI, Jakarta Pusat, pada Jumat (7/6/2024) sore ini.

Pagelaran sidang isbat tersebut nantinya, akan dihelat dalam tiga agenda utama, yang terdiri dari pelaksanaan seminar posisi hilal, sidang isbat, dan konferensi pers penetapan 1 Zulhijah 1445 Hijriah.

Kemenag mengungkapkan, bahwa agenda pertama yakni pelaksanaan seminar posisi hilal pada pukul 16.00 WIB.

"Pelaksanaan seminar posisi hilal akan dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB sebagai rangkaian awal sidang isbat. Kegiatan tersebut terbuka untuk umum dan live streaming di kanal YouTube Bimas Islam TV," demikian rilis Kemenang.

Agenda kedua, yakni pagelaran utama sidang isbat, akan digelar mulai pukul 18.15 WIB selepas ibadah salat Magrib.

"Agenda sidang Isbat dihelat mulai pukul 18.15 WIB, selepas ibadah salat Magrib. Namun tertutup untuk umum," lanjut keterangan tersebut.

Lebih lanjut pada rangkaian ketiga, Kemenag RI akan mengumumkan hasil sidang isbat penentuan 1 Zulhijah 1445 Hijriah atau hari raya Idul Adha, pada pukul 19.05 WIB. 

Pengumuman hasil sidang Isbat tersebut, disampaikan dalam bentuk konferensi pers penetapan 1 Zulhijah 1445 Hijriah, yang terbuka untuk publik.

"Konferensi pers hasil penetapan 1 Zulhijah 1445 Hijriah nantinya juga akan ditayangkan melalui live streaming di kanal YouTube Kemenag RI," tutup keterangan tersebut.