Jokowi Salat Idul Adha di Simpang Lima Semarang

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 16 Juni 2024 14:37 WIB
Presiden Joko Widodo [Foto: Instagram]
Presiden Joko Widodo [Foto: Instagram]

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan melaksanakan salat Idul Adha 1445 Hijriyah di Masjid Baiturrahman, Simpang Lima, Kota Semarang. Jokowi sebelumnya diagenda melakukan salat Idul Adha, dan menyerahkan sapi kurban di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

Humas MAJT, Benny Arief Hidayat membenarkan perubahan agenda orang nomor satu di Indonesia tersebut. Agenda berubah dalam rapat koordinasi kepresidenan pada Sabtu (15/6/2024) kemarin.

"Hasil rapat koordinasi Sabtu siang kemarin beliau salat di Masjid Baiturrahman dan penyerahan sapi kurban mengikuti tempat salat beliau," kata Benny, Minggu (16/6/2024).

Rencananya, Jokowi akan menyerahkan hewan kurban berupa seekor sapi jantan, jenis limosin berbobot 1,23 ton kepada panitia MAJT. Namun, penyerahan hewan kurban yang sedianya diserahkan ke MAJT, berubah ke Masjid Baiturrahman Kota Semarang.

Sementara itu, Humas Masjid Baiturrahman, Junianto menyebut informasi itu didapat Sabtu, (15/6/2024). Dia mengatakan Forkompimda Jateng dan Semarang, juga akan hadir dalam salat Iduladha tersebut. 

"Batal (di MAJT), sudah final rapat Sabtu kemarin di Lapangan Simpang Lima," kata Junianto.

Rencananya, salat Iduladha akan dipimpin imam KH Zainuri Ahmad. Sedangkan yang bertugas sebagai khatib ialah, Ketua KPU Hasyim Asyari.

"Imamnya KH Zainuri Ahmad, khatibnya Ketua KPU Hasyim Asyari. Nanti penyerahan hewan kurban, lebih dari 1 ton," tandasnya.