Resmi Dirilis, Ini Link Download Logo HUT ke-79 RI

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 26 Juni 2024 19:45 WIB
Logo HUT ke-79 RI [Foto: Istimewa]
Logo HUT ke-79 RI [Foto: Istimewa]

Jakarta, MI - Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2024. Adapun tema tahun ini "Nusantara Baru Indonesia Maju". 

Logo HUT ke-79 RI diluncurkan dengan konsep yang menampilkan angka 79, sebagai perlambang negara kesatuan Indonesia. Logo tersebut memiliki filosofi yang mencerminkan karakter mengalir, terhubung, dan fleksibel, yang menyiratkan rasa ramah dan dekat dengan masyarakat. 

Selain itu, logo ini terdiri dari bagian-bagian yang berulang dan terstruktur, memberikan kesan kokoh dan seimbang.

Angka 79 terdiri dari unsur pembentuk yang disusun dengan konsep yang simbolis. Ujung angka 7 dibuat menyerupai paruh Garuda, lambang negara yang berisi salah satu pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, serta melambangkan kekuatan negara.

Angka 7 yang menyerupai panah ke kanan atas menjadi simbol harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor untuk memenuhi misi Indonesia dalam menggerakkan perekonomian.

Arah tikungan dari segala arah yang saling terhubung satu sama lain pada angka 79 menyimbolkan prinsip pembangunan negara yang berkelanjutan.

Bentuk dahan dan daun dari angka 9 dimaknai sebagai prinsip pembangunan negara yang berlandaskan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam dan selalu memperhatikan akar budaya dan identitas.

Kaki angka 7 dan 9 terbuat dari bentuk yang sama dan membentuk dua tangan yang menyatu. Ini melambangkan persatuan masyarakat Indonesia yang tetap terjaga kendati memiliki pendapat yang berbeda-beda.

Perayaan HUT ke-79 RI juga diwarnai dengan berbagai kegiatan yang bertujuan meningkatkan rasa nasionalisme dan mempererat tali persaudaraan. Contoh kegiatan yang diselenggarakan adalah Pesta Rakyat Merdeka dengan tema "Semangat Menyala, Indonesia Berjaya".

Kegiatan ini diisi dengan berbagai acara, yang dapat meningkatkan semangat dan kreativitas generasi muda, sekaligus memperkuat solidaritas warga desa.

Berikut ini daftar link download logo HUT ke-79 RI:

  1. https://drive.google.com/drive/folders/1AfRIY1Q4_dJ40x-NrMUjD8FHGWJGN5G8
  2. https://drive.google.com/file/d/1T-tP7_NCIOL8Zu_ao_31-JebO55uZCsH/view
  3. https://drive.google.com/file/d/1BivMC3OjQr5VBVIChSjz4O1V2ZEbze0Z/view
  4. https://drive.google.com/file/d/1hdx8XPOCK7StGGPdRoocM8I5rWjRirp-/view
  5. https://drive.google.com/file/d/1dvxJ4a870D8t62kvADr6PjssW6f0yCJB/view