Kunjungi Indonesia, Begini Cara Ikut Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 28 Juni 2024 12:42 WIB
Paus Fransiskus direncanakan menghadiri misa di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. [Foto: Ist]
Paus Fransiskus direncanakan menghadiri misa di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. [Foto: Ist]

Jakarta, MI - Pemimpin umat Katolik dunia Paus Fransiskus akan menghadiri misa akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. 

Hal tersebut dilakukan Paus Fransiskus, di sela-sela kunjungannya ke Indonesia pada Selasa (3/9/2024) hingga Jumat (6/9/2024). 

Juru Bicara Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Romo Thomas Ulun Ismoyo mengatakan, seluruh perencanaan mengenai misa di GBK masih dalam koordinasi, dengan pengelola stadion. 

“Keuskupan akan diberitahu oleh panitia berdasarkan undangan yang diterima mengenai kuota masing-masing Keuskupan yang mewakili Keuskupan tertentu akan hadir di dalam misa akbar tersebut,” kata Thomas, dikutip Jumat (28/6/2024).

Dijelaskan Thomas, umat Katolik yang ingin menghadiri misa bersama Paus Fransiskus di GBK, dapat bertanya kepada pihak resmi gereja, yaitu keuskupan di masing-masing wilayah. 

Untuk diketahui, ada 40 keuskupan di wilayah Indonesia yang tersebar dari Medan, Sumatera Utara sampai Timika, Papua. 

“Ada petunjuk-petunjuk teknis yang semuanya nanti akan diinformasikan dari pihak panitia kepada keuntungan masing-masing,” ungkapnya. 

Di sisi lain, ia menambahkan bahwa Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia tidak bekerja sama dengan pihak manapun, dalam lawatan luar negeri Paus Fransiskus ke Tanah Air. 

Ia mengimbau supaya umat katolik yang antusias dengan kedatangan Bapa Paus, dapat mengunjungi laman www.mirifica.net. 

“Mengenai bisa di GBK dapat ditanyakan kepada pihak sekretariat masing-masing,” tandasnya.