PM Papua Nugini Temui Jokowi di Istana Bogor

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 15 Juli 2024 22 jam yang lalu
Perdana Menteri (PM) Papua Nugini James Marape bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor pada Senin (15/7/2024).
Perdana Menteri (PM) Papua Nugini James Marape bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor pada Senin (15/7/2024).

Jakarta, MI - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan resmi kenegaraan Perdana Menteri (PM) Papua Nugini James Marape di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (15/7/2024).

Iring-iringan kendaraan PM James Marape dan delegasi, tiba di Istana Bogor pada pukul 10.00 WIB. Jokowi yang didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, menerima PM James Marape dan delegasi di halaman Istana Bogor.

Kedua pemimpin selanjutnya memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara. Delegasi Indonesia yang hadir yaitu Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Setelah saling memperkenalkan delegasi masing-masing, Presiden Jokowi kemudian mengajak PM James Marape untuk berfoto Bersama, dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai, Istana Bogor.

Kedua pemimpin kemudian menuju halaman veranda untuk berbincang sejenak.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ini merupakan kunjungan resmi kenegaraan PM James Marape yang kedua kalinya.

Setelah pertemuan pertama pada Maret 2022, Jokowi memenuhi kunjungan balasan ke Papua Nugini, pada Juli 2023.

Pada kunjungan pertama tahun 2022, James Marape menanam Pohon Cendana. Artinya pohon yang ditanam James Marape kala itu, kini sudah berusia dua tahun.