Jokowi: Bangun IKN Perlu Waktu 15-20 Tahun

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 16 Juli 2024 4 jam yang lalu
Presiden Joko Widodo [Foto: Instagram]
Presiden Joko Widodo [Foto: Instagram]

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, akan dibangun dalam jangka waktu panjang. Pembangunan ibu kota baru ini, butuh dana segar para investor.

IKN, kata Jokowi tidak cuma dibangun dalam 2-3 tahun ini saja. Namun butuh waktu panjang hingga 15-20 tahun lamanya.

"IKN itu kan bukan dibangun 2 tahun, 3 tahun, ini sebuah mimpi besar jangka panjang, proyek jangka panjang. Mungkin 15-20 tahun," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (16/7/2024).

IKN, lanjut Jokowi, juga butuh investasi besar untuk pembangunan di dalam maupun di luar. Pemerintah, kata dia, akan terus mengundang investor untuk hadir di IKN.

"Ini juga masih memerlukan investasi, masih memerlukan investor dari dalam maupun luar. Itu yang sedang kita kejar," ujar Jokowi.

Pemerintah sendiri fokusnya adalah membangun infrastruktur dasar di IKN saja. Seperti misalnya urusan transportasi, hingga pembangunan kawasan kantor pemerintah. Sisanya, akan dibangun oleh pihak swasta.

"Kalau pemerintah kan kewajiban kita cuma dari gedung-gedung pemerintahan, Istana Presiden, Wakil Presiden, dan oleh karena itu 100% dari APBN," pungkas Jokowi.