Mutasi 256 Pati: Mabes TNI, AD dan BIN

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 28 Juli 2024 2 jam yang lalu
Pangilama TNI, Jenderal Agus Subiyanto (Foto: Dok MI)
Pangilama TNI, Jenderal Agus Subiyanto (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memutasi, merotasi, dan memberikan promosi kepada 256 perwira tinggi (pati) yang mengisi sejumlah jabatan strategis di lingkungan Mabes TNI, TNI Angkatan Darat, dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/851/VII/2024 sebagaimana dibenarkan oleh Pusat Penerangan (Puspen) TNI saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (27/7/2024), beberapa perwira tinggi yang kena rotasi di lingkungan Mabes TNI, yaitu Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon yang semula menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah (Pangkogabwilhan) III menjadi Kepala Staf Umum (Kasum) TNI.

Richard menggantikan Letjen TNI Bambang Ismawan yang saat ini menjadi perwira tinggi Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad) dalam rangka pensiun.

Posisi Pangkogabwilhan III saat ini pun digantikan oleh Mayjen TNI Bambang Trisnohadi, yang mendapatkan promosi dari jabatan sebelumnya sebagai Panglima Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana.

Di jajaran pejabat teras Mabes TNI, posisi Inspektur Jenderal (Irjen) TNI saat ini diisi oleh Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad). Pejabat lama Irjen TNI Laksamana Madya TNI Dadi Hartanto saat ini menjadi perwira tinggi Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal) dalam rangka pensiun.

Sementara itu, jabatan Pangkostrad saat ini diisi oleh Mayjen TNI Mohamad Hasan, yang mendapatkan promosi jabatan dari posisi semula sebagai Pangdam Jaya.

Di jajaran pejabat Mabes TNI, Panglima TNI juga memutasi Mayjen TNI Nugraha Gumilar, yang sebelumnya menjabat Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, saat ini menjadi dosen tetap Universitas Pertahanan (Unhan).

Posisi Kapuspen TNI saat ini diisi oleh Brigjen TNI Hariyanto, yang mendapatkan promosi dari jabatan sebelumnya sebagai Kepala Staf Kodam XVII/Cendrawasih.

Di lingkungan TNI Angkatan Darat, Panglima TNI dalam SK mutasi yang sama juga menunjuk Mayjen TNI Rafael Granada Baay sebagai Pangdam Jaya. Granada Baay, yang pernah menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres), sebelumnya menjabat Pangdam V/Brawijaya.

Posisi Pangdam V/Brawijaya pun saat ini diisi oleh Mayjen TNI Mayjen TNI Rudy Saladin, yang sebelumnya menjabat Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) Kementerian Sekretariat Negara. Walaupun demikian, Panglima TNI belum menetapkan Sesmilpres yang baru pengganti Rudy.

Panglima TNI, dalam SK yang sama, juga merotasi Mayjen TNI Muhammad Zamroni dari jabatan sebelumnya sebagai Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri (Danpussenkav) saat ini menjabat Pangdam IX/Udayana.

Posisi Danpussenkav pun saat ini diisi oleh Mayjen TNI Eko Susetyo, yang sebelumnya bertugas sebagai Tenaga Ahli Pengajar Bidang Geostrategi dan Ketahanan Nasional Lemhannas. Mayjen Eko dan Jenderal Agus Subiyanto tergabung dalam satu lechting yang sama, yaitu lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1991.

Panglima TNI, dalam SK mutasi itu, juga merotasi Mayjen TNI Izak Pangemanan, yang semula menjabat Pangdam XVII/Cendrawasih, saat ini menjadi Wakil Komandan Komando Pendidikan dan Latihan TNI AD (Wadan Kodiklatad).

Posisi Izak kemudian diganti oleh Mayjen TNI Rudi Puruwito, yang sebelumnya menjabat Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 1 Kostrad. Jabatan Pangdivif 1 Kostrad pun diisi oleh Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito, yang mendapatkan promosi dari jabatan sebelumnya sebagai Kepala Staf Divisi Infanteri 1 Kostrad.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) yang semula diisi oleh Brigjen TNI Kristomei Sianturi, saat ini dijabat oleh Kolonel Inf. Wahyu Yudhayana, yang mendapatkan promosi dari jabatan sebelumnya sebagai Kepala Pusat Komando dan Pengendalian TNI AD (Kapuskodalad).

Brigjen Kristomei saat ini menjabat Komandan Resimen Taruna (Danmentar) Akmil.

Panglima TNI juga memutasi Mayjen TNI A. Jaka Tandang, yang semula menjabat Komandan Pusat Penerbangan TNI AD (Danpuspenerbad), saat ini menjadi Staf Khusus Kepala Staf TNI AD. Mayjen Jaka pun digantikan oleh Brigjen TNI Zainuddin, yang sebelumnya menjabat Wakil Komandan Puspenerbad.

Brigjen TNI Irsyad Hamdie Bey Anwar, yang sebelumnya menjabat Kepala Oditurat Militer Tinggi (Kaotmilti) II Jakarta, saat ini menjabat sebagai Inspektur Badan Pembinaan Hukum (Babinkum) TNI.

Di lingkungan Badan Intelijen Negara (BIN), Panglima TNI juga memutasi sejumlah perwira tinggi untuk mengisi jabatan Kepala BIN Daerah (Kabinda), yaitu Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana sebagai Kabinda Jawa Barat, Kolonel Inf. Aldrin Ali Bahasoan sebagai Kabinda Kalimantan Timur, Kolobel Inf. Andi Ashar sebagai Kabinda Kalimantan Tengah, Kolonel Inf. Saripudin sebagai Kabinda Sulawesi Tenggara, Kolonel Pas Harys Soeryo Mahhendro sebagai Kabinda Maluku, Brigjen TNI Arman Dahlan sebagai Kabinda Sulawesi Selatan, Brigjen TNI Bobby Prabowo sebagai Kabinda Sulawesi Tengah, dan Kolonel Laut (P) M. Hamzah Soerjo Widodo sebagai Kabinda Maluku Utara.