Jokowi Kumpulkan Kepala Daerah se-Indonesia di IKN 13 Agustus

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 6 Agustus 2024 6 jam yang lalu
Presiden Joko Widodo (Jokowi). [Foto: Repro]
Presiden Joko Widodo (Jokowi). [Foto: Repro]

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengadakan rapat dengan seluruh kepala daerah se-Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada 13 Agustus mendatang.. 

Salah satu hal yang akan dibahas adalah, netralitas jelang Pilkada Serentak 2024.

"Iya, 13 Agustus gubernur se-Indonesia dikumpulkan, pj gubernur, oleh Pak Presiden," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono kepada wartawan di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (6/8/2024).

Heru mengatakan, Jokowi akan rapat bersama para bupati dan wali kota pada pukul 09.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan para gubernur pada pukul 10.00 WIB. 

"Tentunya memberikan pengarahan kepada bupati, wali kota, dan gubernur," ujarnya.

Selain perkara netralitas pilkada, lanjut Heru, Jokowi akan memberikan banyak pengarahan lainnya, misalnya terkait rencana pembangunan daerah.

"Pengarahan macam-macam, ada tahapan proses pilkada, wilayah masing-masing harus aman, menjaga netralitas. Lantas juga bisa merealisasikan kegiatan-kegiatan RPJPD, rencana pembangunan jangka pendek daerah, banyak," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, sidang kabinet akan digelar pada 12 Agustus mendatang. Jokowi akan bertolak ke IKN pada 11 Agustus. 

Basuki mengatakan Jokowi direncanakan berada di IKN pada 11-14 Agustus. Selain sidang kabinet, Jokowi akan melakukan beberapa proyek groundbreaking.

"Ya di antara itu, kan beliau di sana tanggal 11, 12, 13, 14 (Agustus) pulang, jadi di hari hari itu ada groundbreaking karena tanggal 13, nggak tahu ini bocoran atau nggak ya, mudah-mudah ya open, tanggal 13 ngundang gubernur juga," kata Basuki di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (1/8/2024).