Bilah Garuda Terpasang Akhir Juni di Kantor Presiden IKN

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 18 Juni 2024 20:02 WIB
Ibu Kota Nusantara (IKN) (Foto: Doc. IKN)
Ibu Kota Nusantara (IKN) (Foto: Doc. IKN)

Jakarta, MI - Seluruh bilah selubung garuda di Kantor Presiden Ibu Kota Nusantara (IKN), terpasang pada akhir Juni 2024. 

"Insya Allah minggu ketiga Juni tanggal 23 atau 27, sudah terpasang semua. Akhir Juni-lah terpasang," kata Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga di Jakarta, Jumat (14/6/2024). 

Sementara, progres pembangunan kawasan kepresidenan IKN secara rata-rata, sudah mencapai 80 persen. Ini terdiri dari proyek Istana Negara, dan Lapangan Upacara sebesar 73 persen dan proyek Kantor Presiden 90 persen. 

Nantinya, kawasan kepresidenan akan digunakan secara fungsional untuk mendukung pelaksanaan Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

"Misalnya Agustus itu progresnya sudah 95 persen, sisa 5 persen itu kan finishing kemudian tanaman dan sebagainya, tetapi gedung dan mekanikal elektrikalnya sudah siap," ujarnya. 

Namun sesuai kontrak, proyek kawasan kepresidenan IKN akan selesai pada Oktober 2024. Sedangkan untuk lapangan upacara, diproyeksikan mampu menampung hingga 6.300 orang. 

"Secara hitung-hitungan antara undangan dan peserta petugas upacara, itu hitung-hitungan kita waktu itu bisa sampai 6.300, tergantung posisinya," tandasnya.