Netanyahu Tetap “Kekeuh” Lanjutkan Operasi Militer Melawan Militan Palestina di Gaza

  • Whatsapp
Netanyahu Tetap "Kekeuh" Lanjutkan Operasi Militer Melawan Militan Palestina di Gaza
MIliter perempuan Israel.[Foto/Reuters]

Tel Aviv, Monitorindonesia.com – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bersikeras melanjutkan operasi militer melawan pasukan Hamas di wilayah Gaza. Dia tak mengacuhkan permintaan Presiden Amerika Serika (AS) Joe Biden untuk mengurangi eskalasi dengan Palestina.

Melansir Reuters dari sumber yang merupakan seorang petugas keamanan asal Mesir menyebut, kedua pihak sebetulnya sudah setuju untuk gencatan senjata. Namun detailnya masih dalam proses perundingan.

Bacaan Lainnya

Sejak pertempuran keduanya mulai 10 Mei lalu, sudah 227 orang Palestina tewas dalam pengeboman yang dilakukan militer Israel. Sementara 12 warga Israel menjadi korban serangan roket balasan pejuang Hamas.

Palestina putus hubungan koordinasi keamanan dengan Israel menyusul rencana Tel Aviv mencaplok wilayah berpenghuni di Tepi Barat.

Juru Bicara Gedung Putih Karine Jean Pierre mengatakan, upaya ini merupakan jalan menuju gencatan senjata antara Israel dengan para pejuang Palestina.

Sementara militer Israel menyatakan telah menembakkan artileri ke Lebanon. Serangan ini sebagai balasan setelah empat roket diluncurkan ke arah Israel dari wilayah Lebanon.

Sumber keamanan di Lebanon mengatakan, Hizbullah, kelompok yang didukung Iran telah berperang dengan Israel di masa lalu, tidak terlibat. Insiden Rabu merupakan kasus ketiga tembakan roket dari Lebanon sejak permusuhan antara Israel dan gerilyawan Palestina di Gaza.

Pertahanan rudal Israel mencegat satu proyektil, satu lagi mendarat di tempat terbuka dan dua jatuh di Mediterania, kata militer. Roket tersebut menyebabkan sirene serangan udara menggelegar di dekat Kota Haifa di Israel utara dan daerah-daerah di timur.[Yohana RJ]

 

Sumber : Reuters

Pos terkait