Ngaku Anggota Polda Beli HP Lewat Online COD, Disuruh Nunggu, Eh Taunya Kabur 

  • Whatsapp
Ngaku Anggota Polda Beli HP Lewat Online COD, Disuruh Nunggu, Eh Taunya Kabur 
Jakarta-Monitorindonesia.com Sungguh nekad tersangka seorang pria (identitas dirahasiakan) mengaku sebagai anggota Polri dengan berpura-pura akan membeli handphone (HP) dengan melakukan transaksi pembelian di Mapolda Metro Jaya.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, pelaku memilih lokasi transaksi di Mapolda Metro Jaya agar korban percaya kalau pelaku adalah anggota Polri.

“Modusnya dengan memesan, membeli barang menggunakan aplikasi kemudian barang tersebut diantar ke Polda Metro Jaya dengan harapan penjual percaya anggota yang pesan,” kata Yusri kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis(19/2).

Yusri menuturkan, peristiwa penipuan bermula ketika pelaku memesan HP dengan modus cash on delivery (COD) kepada korban pada Sabtu (6/2).

Pelaku mengaku sebagai anggota Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya.

“Pelaku mengaku anggota Ditresnarkoba Polda Metro Jaya sehingga korban percaya dan menemui tersangka RMP di area kantin Polda Metro Jaya,” jelasnya.

Setekah keduanya bertemu, Yusri mengungkapkan, pelaku sempat mengambil HP dengan dalih akan memeriksanya.

Bahkan, pelaku kepada korban pamit untuk ke toliet, dan menitipkan tasnya kepada korban agar korban tidak curiga.

“Namun usai 30 menit pelaku tidak kembali, korban sadar telah ditipu oleh RMP.Akhirnya, merasa ditipu korban lalu lapor ke SPKT Polda Metro Jaya,” tegasnya.

Mantan Kepala Bidang Humas Polda Jabar ini mengatakan, penyidik Subdit Resmob, Direktorat Reserse Kriminal Umum, Polda Metro Jaya yang menerima laporan lalu bergerak celat berhasil meringkus pelaku.

“Saya katakan kami masih dalami lagi apa dia sering lakukan modus seperti ini. Dia ini karyawan swasta di perusahaan di Jakarta. Bukan residivis, bukan pengangguran,” pungkas Yusri.

Pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman 5 tahun penjara. (tak)

Pos terkait