Tolong, Pak Menkominfo Budi Arie, Sinyal Internet di Desa Sukamulya Lampung Susah Banget Nih!

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 29 November 2023 03:27 WIB
Ilustrasi - No Signal (Foto: Net/Ist)
Ilustrasi - No Signal (Foto: Net/Ist)

Lampung, MI - Warga Desa Sukamulya, Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung mengeluhkan sulitnya mendapat jaringan internet.

Hal ini dirasakan AM (27) warga desa tersebut saat berbincang dengan Monitorindonesia.com, Rabu (29/11).

Bukan saja soal sinyal, menurut AM, desa tersebut jauh dari kata maju, mulai dari pembangunan jalan hingga listrik yang terkadang kurang stabil.

"Ya meskipun hidup di kampung kalau maju kan enak, sinyal nggak susah, jalanan bagus, jadi mau beraktivitas apapun pasti cepat, gampang dan mudah," keluh AM.

Bahkan, lanjut AM, beberapa desa di wilayah ini tak memiliki akses sinyal sama sekali. "Ada kampung yang memiliki sinyal, tapi hanya di beberapa tempat tertentu. Itu pun sewaktu-waktu hilang," jelasnya.

"Jangankan mau buka internet, sinyalnya aja susah. Jadi kalau ada keperluan yang harus online, ya susah karena jaringan tidak stabil," timpalnya.

AM menambahkan, timbul tenggelamnya sinyal telekomunikasi dan akses internet, berdampak pada tersendatnya urusan pemerintahan desa itu juga.

Maka dari itu, ia berharap kepada Pemerintah melalu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) agar memperhatikan ini.

Pasalnya, saat ini Kemenkominfo sedang membangun jaringan 4G di belasan desa tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

"Kalau akses internet yang cepat serta aplikasi bidang kesehatan yang baik, akan mempermudah pelayanan juga toh, bukan saja kepetingan satu dua orang saja, tapi semua di desa ini," tukas AM. (Nuramin)