Prabowo dan SBY Hadiri Peringatan 19 Tahun Bencana Tsunami Aceh

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 26 Desember 2023 12:16 WIB
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (kiri) dan Prabowo Subianto (kanan) (Foto: Ist)
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (kiri) dan Prabowo Subianto (kanan) (Foto: Ist)

Aceh, MI - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan mantan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiri acara silaturahmi ulama di Aceh, Selasa (26/12), sekaligus memperingati 19 tahun tragedi tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 silam.

Keduanya disambut oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY. "Hari ini kita peringati bersama dengan seluruh elemen masyarakat, tokoh agama, kita mengundang ulama tersebut untuk hadir sama sama memperingati tsunami dan perdamaian dan kita spesial mengundang Prabowo Subianto sebagai Menhan," ujar AHY di Hotel Hermes, Aceh.

AHY menyebut, selain memperingati 19 tahun tragedi tsunami, dirinya mengundang Prabowo untuk melihat secara langsung perjuangan masyarakat Aceh sejak tsunami hingga sekarang.

"Semangatnya adalah bagaimana Aceh bisa melampaui itu semuanya, setelah konflik yang berkepanjangan, puluhan tahun dan tsunami yang menimpa Aceh dan setelah itu tercipta rekonstruksi dan stabilisasi sehingga Aceh kini wajahnya sangat berbeda menjadi wajah yang damai, dan tumbuh, maju berkembang dan sejahtera," kata AHY.

AHY mengatakan, kedatangannya bersama SBY dan Prabowo merupakan momentum yang baik, apalagi diketahui di era SBY lah rekonsiliasi di Aceh dan pemulihan pasca-tragedi tsunami berlangsung. 

"Kali ini Pak SBY juga hadir secara langsung. Ini juga merupakan sebuah momentum yang baik karena Pak SBY sebagai mantan presiden yang sejak awal juga mengawal perdamaian Aceh, secara langsung mengelola rekonstruksi dan rehabilitasi Aceh pasca-tsunami," tandasnya.