Diduga Sopir Mengantuk, Bus PO New Shantika Terjun Bebas

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 21 Januari 2024 21:21 WIB
Bus New Shantika kecelakaan. (Foto: Tangkap layar medsos)
Bus New Shantika kecelakaan. (Foto: Tangkap layar medsos)

Pemalang, MI - Kecelakaan Bus PO New Shantika trayek Jakarta-Semarang,  terjadi sekitar pukul 12.30 WIB Minggu (21/1).

Bus Shantika degan nomor K 1736 CB bermuatan 20 penumpang, 2 sopir, dan satu kernet, nahas dilaporkan terjun bebas dari ruas jalan Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah.

Bagian atas bus ringsek lantaran terjatuh dalam keadaan terbalik. TKP kecelakaan tersebut tepatnya di KM 320, tepatnya di Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang. 

Akibatnya dua orang dinyatakan meninggal dunia Sementara, belasan orang lainnya mengalami luka-luka. kini, korban telah dibawa ke Rumah Sakit Siaga Medika dan Rumah Sakit Comal Baru.

Wakapolres Pemalang, Kompol Gunawan Wibisono mengatakan bus itu melaju dari arah Jakarta menuju ke Jepara. Saat kejadian, kondisi cuaca cerah. 

"Sudah melakukan evakuasi, yang pertama terhadap korban dulu. Total sesuai dengan manifes bus ada 23 (orang), terdiri dari dua supir, satu kernet, dan 20 penumpang. Dua di antaranya meninggal. Untuk yang luka-luka masih didaftar karena tersebar di dua rumah sakit, yaitu RS Comal Baru dan Siaga Media," kata Gunawan.

Penyebab kecelakaan itu diduga lantaran sopir bus PO New Shantika mengantuk dan tidak fokus. Hal itu dibenarkan Manajer Teknik dan Operasi Pemalang-Batang Tol Road (PBTR), Yulian Fundra Kurnianto.

Di lokasi kejadian tampak warga memadati TKP kecelakaan tersebut. Arus lalu lintas di jalan tol Pemalang juga sempat terhambat. Hal itu lantaran banyaknya pengendara yang mengurangi kecepatan untuk melihat insiden kecelakaan tersebut. (AM)