Kunjungan Kerja DKP OCI ke Keuskupan Ruteng

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 23 Januari 2024 12:49 WIB
Kunjungan Kerja DKP OCI ke Keuskupan Ruteng [Foto: Doc. MI]
Kunjungan Kerja DKP OCI ke Keuskupan Ruteng [Foto: Doc. MI]
Jakarta, MI - Keuskupan Militer dan Kepolisian Republik Indonesia (Keuskupan Umat Katolik di Lingkungan TNI & Polri atau Ordinariatus Castrensis Indonesia/OCI) melaksanakan, kunjungan kerja ke Keuskupan Ruteng dengan tujuan utama memperkuat hubungan kerjasama dan memperkenalkan layanan OCI di wilayah tersebut.

Dewan Karya Pastoral (DKP) OCI, yang dipimpin oleh Wakil Uskup OCI, Kolonel Sus. Rm Yos. M.M. Bintoro, Pr, bersama anggota Dewan Karya Pastoral lainnya, seperti Kombes Pol FX Surya Kumara, (Sespus Litbang Polri), melakukan kunjungan ini.

Dalam kunjungan tersebut, Wakil Uskup OCI, Rm Yos Bintoro, Pr, membahas berbagai isu, termasuk upaya meningkatkan pelayanan OCI di Keuskupan Ruteng.

Selain itu, dia juga menggagas kerjasama antara Keuskupan Ruteng dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dengan mengirim salah satu pastor Keuskupan Ruteng, untuk mengikuti seleksi penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) melalui jalur rekruitmen proaktif (Jalur Rekpro).

Menanggapi usulan ini, Mgr. Siprianus Hormat, Pr, Uskup Keuskupan Ruteng, menyambut rombongan OCI dengan antusiasme dan hangat.

Beliau menyampaikan apresiasi terhadap upaya OCI dalam meningkatkan pelayanan rohani bagi umat Katolik di lingkungan Kepolisian RI dan TNI-Polri secara umum.

Wakil Uskup OCI, Rm Yos Bintoro, Pr, menjelaskan bahwa Jalur Rekpro menjadi bagian dari kebijakan pimpinan Polri untuk menghadirkan sumber daya manusia yang profesional di bidangnya, khususnya dalam pembinaan personel Polri.

Dia berharap agar kerjasama ini dapat memberikan kontribusi positif dalam pelayanan mental rohani bagi umat Katolik di lingkungan Kepolisian RI dan seluruh TNI-Polri.

"Besar harapan kami adalah agar pelayanan mental dan rohani bagi umat Katolik di lingkungan Kepolisian RI, khususnya, serta TNI-Polri pada umumnya, dapat berlangsung secara berlanjut dan konsisten," ujar Rm Yos. Bintoro, Pr.

Kunjungan ini tidak hanya memperkuat tali persaudaraan antara Keuskupan Ruteng dan OCI, tetapi juga membawa harapan akan kerjasama yang lebih erat dalam mendukung pembinaan mental dan rohani bagi umat Katolik di institusi-institusi keamanan Indonesia.

Berita Terkait