Sidak SPBU, Polresta Cilacap Pastikan Tidak Ada Kecurangan dan Kelangkaan BBM

Tim Redaksi
Tim Redaksi
Diperbarui 30 Maret 2024 02:06 WIB
Sidak yang dilakukan polisi Polresta Cilacap. (MI/Humas Polresta Cilacap)
Sidak yang dilakukan polisi Polresta Cilacap. (MI/Humas Polresta Cilacap)

Cilacap, MI - Polresta Cilacap melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kabupaten Cilacap, Jumat (29/3/2024) malam. 

Inspeksi atau pengecekan ini dilakukan untuk memastikan kondisi bahan bakar minyak (BBM) agar pemudik tidak dirugikan saat mengisi BBM ketika mudik Lebaran mendatang.

Sidak dilakukan oleh personel Sat Reskrim Polresta Cilacap di SPBU Pertamina 44.532.07 Perintis Kemerdekaan, SPBU Pertamina 44.532.12 Tritih Lor, SPBU Pertamina 44.532.05 Damalang, dan SPBU Pertamina 44.532.01 Karangkandri Cilacap. 

Tiba di lokasi, petugas langsung memeriksa secara menyeluruh terhadap BBM bersubsidi maupun non subsidi guna memastikan kesesuaian antara jumlah pengeluaran BBM yang tercatat di mesin dengan jumlah sebenarnya, serta melakukan pemeriksaan kelayakan operasional mesin dispenser BBM.

Kapolresta Cilacap, Kombes Pol Ruruh Wicaksono melalui Kasi Humas Ipda Galih Soecahyo menjelaskan, pengecekan tersebut bertujuan untuk memastikan timbangan, takaran, dan meteran yang digunakan sudah sesuai dengan dasar transaksi perdagangan. 

Hal ini untuk memastikan tidak ada praktik-praktik kecurangan, juga untuk memastikan masyarakat dapat terlayani dengan baik.

"Guna mendukung kegiatan Operasi Ketupat 2024, sidak di SPBU dilakukan untuk memastikan masyarakat aman ketika membeli BBM menjelang mudik Lebaran mendatang," ujar Galih, Jumat (29/3/2024).

Hasil pengecekan terhadap keempat SPBU tersebut menunjukkan ketersediaan BBM subsidi maupun non subsidi masih aman dan mencukupi. "Tidak ditemukan penyalahgunaan BBM subsidi maupun non subsidi dan tiduridak ditemukan kecurangan atau hal yang merugikan masyarakat," imbuhnya.

Stok BBM di SPBU wilayah Cilacap dipastikan aman selama bulan Ramadan dan libur panjang Idul Fitri 1445 H mendatang. 

Pihaknya mengimbau pengusaha SPBU untuk tidak melakukan kecurangan yang dapat merugikan konsumen atau masyarakat. 

Kepolisian akan terus melakukan patroli dialogis secara intensif terhadap SPBU untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas. "Ini dilakukan untuk menjaga kondusivitas masyarakat Cilacap menjelang musim libur dan mudik Lebaran 1445 H," kata Galih.

Sehingga para pemudik dapat merasakan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, serta mendapat pelayanan yang baik saat mengisi BBM di masing-masing SPBU wilayah Kabupaten Cilacap. (estanto)

Berita Terkait