LPTQ Puji Tuan Rumah Kabupaten Bekasi Terkait Penyelenggaraan MTQ Jabar ke-38

Tim Redaksi
Tim Redaksi
Diperbarui 5 Mei 2024 14:48 WIB
Ketua Harian LPTQ Jabar Badruzzaman M Yunus (Foto: Dok MI/Jumantio Ronaldo Pakpahan)
Ketua Harian LPTQ Jabar Badruzzaman M Yunus (Foto: Dok MI/Jumantio Ronaldo Pakpahan)
Kabupaten Bekasi, MI - Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Jawa Barat memuji penyelenggaran Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 yang diselenggarakan di Kabupaten Bekasi dari tanggal 28 April - 4 Mei 2024.

“Penyelenggaraan MTQ kali ini termasuk MTQ dengan fasilitas terbaik dan ini sudah berada dalam level nasional. Dari kerja sama dengan Vendor dan EO sudah berada dalam tingkat nasional,” kata Ketua Harian LPTQ Jabar Badruzzaman M Yunus di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Komplek Pemerintah Kabupaten Bekasi, Sabtu (4/5/2024).

Semua cabang MTQ dari 12 cabang telah rampung dilaksanakan dan sidang pleno dilaksanakan oleh dewan hakim dari semua cabang MTQ yang telah dipertandingkan. 

Dikatakannya semua cabang lomba dilaksanakan sesuai jadwal hanya ada masalah sedikit pada hari pertama dan itu langsung diselesaikan.

"Hasil sudah masuk ke sekretariat dan akan diumumkan masing-masing bidang dan cabang, peringkat kabupaten dan kota, sekaligus juara umum pada penutupan MTQ di Panggung Utama Plaza Pemkab Bekasi, malam ini,” lanjutnya. 

Menurutnya, dari sisi kualitas peserta atau kafilah yang ikut serta pada MTQ Jabar ke-38 sudah mulai terlihat merata dari semua perwakilan menandakan bagusnya pembinaan di masing-masing kabupaten/kota di Jawa Barat.

“Secara umum penyelenggaraan ini terbilang sukses dengan kualitas peserta yang merata, begitu pula  dari segi jadwal atau durasi musabaqoh tidak ada keterlambatan waktu dan sejauh ini tidak banyak protes atau keluhan dari pihak peserta maupun dewan hakim tentang perlombaan yang sudah dilaksanakan,” ungkapnya.

Ia berharap kekurangan yang ada dalam penyelenggaraan MTQ kali ini dapat diperbaiki kedepannya dan pelaksanaakan MTQ di Kabupaten Bekasi menjadi barometer untuk penyelenggaraan MTQ selanjutnya. “Semoga dalam masa yang akan datang, kekurangan yang ada dapat diperbaiki,” harapnya.

Selain itu setelah diumumkan dari seluruh kafilah kabupaten dan kota yang berhasil meraih juara 1 akan mulai memasuki tahap pembinaan sekitar 1 atau 2 minggu mendatang untuk mewakili Jawa Barat pada ajang MTQ Nasional di Kalimantan Timur.

"Kita langsung agendakan pembinaan karena waktu MTQ Nasional di Kalimantan Timur ya sekitar 1 atau 2 minggu dari sekarang, nanti dari provinsi akan ada 4 atau 5 tahap pembinaan," tukasnya. (Jumantio Ronaldo Pakpahan)