Pemkot Bekasi Hadiri Muscab II Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 7 Mei 2024 11:15 WIB
Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) DPC Kota Bekasi [Foto: Ist]
Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) DPC Kota Bekasi [Foto: Ist]

Kota Bekasi, MI - Profesionalisme wartawan menjadi faktor penting, dalam mewujudkan jurnalisme berkualitas. Kehadiran organisasi profesi wartawan diharapkan, dapat meningkatkan kapasitas jurnalis di tengah derasnya arus penyebaran informasi.

Untuk mewujudkan harapan tersebut, Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) DPC Kota Bekasi, mengadakan Musyawarah Cabang (Muscab) ke-II, dengan tagline 'Media Massa dan Tanggung Jawab Sosial', di Sans Hotel Green Bekasi, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Senin (6/5/2024). 

"Mari kita bangun AWPI sesuai dengan koridor AD/ART kita, karena seorang wartawan kalau di zaman kemerdekaan adalah kaum intelektual, jadi marwah intelektual itulah yang harus kita bangun lewat AWPI," kata Ketua Umum AWPI, Hengki Ahmad Jazuli, Senin (6/5/2024). 

Hengki menegaskan, profesi wartawan merupakan salah satu sumber kekuatan Republik Indonesia, dan juga pengawal konstitusi serta penjaga kedaulatan NKRI. 

Tulisan atau berita yang disiarkan, jangan sampai frovokatif sehingga dapat memecah belah bangsa. 

Dalam kesempatan itu, Pejabat (Pj) Wali Kota Bekasi yang diwakili Humas Pemkot Bekasi, Muchlis, mengapresiasi digelarnya acara tersebut. 

Muklis berharap media sebagai kontrol social, dapat terus bersinergi dengan pemerintah Kota Bekasi, terutama dengan pemberitaan yang berimbang.

"Semoga seluruh anggota AWPI selalu profesional dalam menjalankan jurnalisnya. Diharapkan, dengan kepemimpinan yang baru terpilih dapat terus bersinergi dalam membangun Kota Bekasi ke arah yang lebih baik," ujarnya.

Untuk diketahui, lewat Muscab AWPI Senin (6/5/2024), Jerry kembali terpilih secara demokratis, menjadi Ketua AWPI DPC Kota Bekasi masa bhakti 2024-2029. 

Jerry memperoleh suara lebih dominan dari kopetitornya, Fathir yang ikut mencalonan Ketua. 

Muscab SEPI tersebut dihadiri dalam Pj. Wali Kota yang diwakili Humas, Perwakilan Kapolres Metro Bekasi Kota, Perwakilan Dandim 0507, Ketua Umum AWPI beserta jajaran, Dewan Penasehat AWPI Kota Bekasi beserta jajaran, serta Tokoh Masyarakat Kota Bekasi, Kemal Hendrayadi, Ketua PWI Bekasi Raya yang baru terpilih untuk periode 2024-2029, Ade Muksin, Pokja Wartawan Humas Pemkot Bekasi. 

Acara tersebut disponsori Hotel Aston City Kemayoran, SANS Hotel Green Bekasi, Sahid Hotel & Resort, PT. Fastrata Buana (Kapal Api Group), dan Bank BJB Cabang Kota Bekasi. (M. Aritonang)