Pesan Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan Terkait Popda Wilayah II Jabar

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 15 Mei 2024 15:11 WIB
Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan (Foto: Dok Kemendagri)
Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan (Foto: Dok Kemendagri)

Purwakarta, MI - Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta Benni Irwan berpesan kepada seluruh wasit, juri, official, atlet dan kontingen peserta Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Wilayah II Jawa Barat Tahun 2024 untuk menjunjung tinggi sportivitas dan berkompetisi secara jujur.

"Khusus kepada para atlet junjung tinggi sportivitas, tampilkanlah permainan-permainan terbaik dari perjalanan panjang usaha dan kerja keras yang sudah dilakukan selama ini," kata Benni Irwan saat membuka Popwilda Wilayah II Jabar di Hotel Harper Purwakarta, Rabu (15/5/2024).

Atas nama masyarakat dan Pemkab Purwakarta, Benni mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga yang telah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Purwakarta untuk menyelenggarakan Popda Wilayah II Provinsi Jawa Barat Tahun 2024.

Dengan ketulusan hati dan penuh sukacita, Benni juga mengucapkan selamat datang kepada jajaran Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat dan seluruh kontingen, peserta Popwilda di Kabupaten Purwakarta.

"Saya berharap kehadiran seluruh atlet dan pendamping mampu memberi warna bagi pembangunan olahraga di Provinsi Jawa Barat," harap Benni.

Seperti diketahui, penyelenggaraan keolahragaan merupakan amanat Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2022. Dalam UU tersebut dinyatakan keolahragaan berfungsi mengembangkan kemampuan jasmani, rohani dan sosial serta membentuk watak dan kepribadian bangsa yang bermartabat.

Dalam konteks ini pemerintah dan pemerintah daerah berkewajiban memberikan pelayanan dan kemudahan serta menjamin terselenggaranya kegiatan keolahragaan bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi.

"Penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah atau Popda merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk melaksanakan kebijakan serta mengkoordinasikan pembinaan dan pengembangan keolahragaan di tingkat daerah dalam rangka mewujudkan tujuan olahraga secara nasional," jelas Benni.

Benni pun menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pengurus organisasi olahraga, para pembina dan para pelatih baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota atas keikutsertaannya dalam Popda Wilayah II Jawa Barat di Kabupaten Purwakarta tahun ini.

Ia percaya seluruh kontingen telah mempersiapkan atlet pelajarnya dengan maksimal sehingga akan terbina bibit atlet terbaik yang akan membawa harum nama kabupaten/kota ke tingkat yang lebih tinggi.

Popwilda bagi atlet pelajar, tambah Benni merupakan ajang untuk mengukur kemampuan dan mengukir prestasi. "Kepada seluruh atlet pelajar saya berharap event ini akan menjadi pembuka jalan bagi kalian semua untuk menunjukan bakat dan potensi di bidang olahraga, yang kelak mungkin kalian tak hanya mampu atau tidak hanya membawa harum nama kabupaten/kota atau Provinsi Jawa Barat namun juga siap membela merah putih di kompetisi olahraga tingkat dunia," kata Benni.

Adapun Popda Wilayah II Jawa Barat 2024 di Kabupaten Purwakarta digelar dimulai dari 12-17 Mei 2024, dimana ada enam kabupaten/kota yang akan ikut bertanding dalam delapan cabang olahraga (Cabor). 

Adapun cabang olahraga yang akan dipertandingkan  diantaranya bulutangkis, pencak silat, sepakbola, tenis lapangan, sepak takraw, bola basket, bola voli, dan tenis meja. (Ks)

Berita Terkait