Dear Jokowi, Dengarkan Teriakan Permasalahan HAM Masyarakat Kandis di Proyek Pertamina Hulu Rokan

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 31 Mei 2024 14:58 WIB
Pertamina Hulu Rokan [Foto: Istimewa]
Pertamina Hulu Rokan [Foto: Istimewa]

Jakarta, MI - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), yang merupakan produsen minyak terbesar nomor satu di Indonesia. 

Jokowi akan memberikan penghargaan kepada Pertamina Hulu Rokan Riau, karena telah menjadi tonggak ketahanan energi minyak bumi di Indonesia.

Namun disisi lain, tidak sejalan dengan yang dialami oleh masyarakat Kecamatan Kandis. Dimana Pertamina Hulu Rokan tidak memperhatikan dan mensejahterakan masyarakat Kecamatan Kandis, karena tidak sesuai dengan fungsi BUMN khususnya peraturan pertambangan untuk wajib memanfaatkan dan memberdayakan masyarakat setempat.

Pemuda dan Masyarakat kandis pun, tergerak hati untuk menyuarakan penjajahan tenaga kerja di Kecamatan Kandis ini, mereka mempertanyakan kebeberapa Subkontraktor yang melintas di Libo Waduk dengan melakukan penyetopan. 

Adapun hasil dari penyetopan, semua subkontraktor menjawab tidak ada mendapat surat edaran dan sosialisasi dari Pertamina Hulu Rokan, untuk memanfaatkan tenaga kerja lokal, sesuai hasil audiensi Aksi Pemuda Peduli Kandis dengan Pertamina Hulu Rokan.

Alangkah terkejutnya lagi masyarakat dan pemuda, ketika pimpinan Aksi Pemuda Peduli Kandis berkomunikasi melalui telepon dengan pimpinan dan humas beberapa subkontraktor, mereka berkeras tidak akan memanfaatkan masyarakat setempat Kecamatan Kandis.

Ketua Aksi Pemuda Peduli Kandis, Harto Mengatakan, sudah seharusnya dan semestinya operasi pertambangan hulu minyak bumi di Kecamatan Kandis memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat Kecamatan Kandis dengan mengutamakan penyerapan tenaga kerja lokal.

"Kepada Presiden Pak Jokowi yang terhormat, kami masyarakat memohon agar tidak hanya memberikan penghargaan tetapi juga memberikan surat peringatan terhadap Pertamina Hulu Rokan, terkait permasalahan HAM di Kecamatan Kandis dalam proyek Pertamina Hulu Rokan," harap Harto.

Seperti diketahui, Jokowi akan menghadiri upacara Hari Lahir Pancasila Tingkat Nasional di Kota Dumai, di lapangan Garuda kompleks Pertamina, Hulu Rokan Dumai, pada Sabtu (1/6/2024).