Pj Wali Kota Bekasi Hadiri Rakernas Apeksi Ke-XVII di Kota Balikpapan

Firmansyah Nugroho
Firmansyah Nugroho
Diperbarui 5 Juni 2024 10:50 WIB
Rakernas Apeksi ke-XVII di Balikpapan, Kalimantan Timur, Tahun 2024 (Foto: Istimewa)
Rakernas Apeksi ke-XVII di Balikpapan, Kalimantan Timur, Tahun 2024 (Foto: Istimewa)

Balikpapan, MI - Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ke-XVII di BSSC Dome Kota Balikpapan. Rakernas tersebut dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), Selasa (4/6/2024). 

Rakernas XVII Apeksi terdiri dari berbagai kegiatan, dan berlangsung untuk beberapa hari sejak tanggal 1 Juni, dan akan ditutup tanggal 6 Juni 2024.

Dalam kegiatan Rakernas tersebut, Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi, Gani Muhamad bersama Asisten Daerah Bidang Pemerintahan, Lintong Dianto Putro, Kepala BPKAD, Sudarsono, Kepala Bappelitbangda Dinar Faizal Badar, serta Kepala Disdagperin Robet Siagian juga hadir. 

Panglima TNI Agus Subiyanto Juga hadir mendampingi Presiden Jokowi. Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian yang pada kesempatan tersebut menjadi Keynote Speaker kepada Wali Kota atau Pj Wali Kota di seluruh Kota se-Inonesia.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menegaskan pentingnya persiapan yang matang dalam menghadapi tantangan dimasa mendatang. Tahun 2045, Presiden Jokowi memprediksi 70 persen penduduk Indonesia akan tinggal di perkotaan.

"Sudah sering saya sampaikan bahwa di tahun 2045, 70 persen penduduk kita ini akan ada di perkotaan. Ditahun 2050, 80 persen penduduk dunia akan tinggal diperkotaan. Apa yang akan terjadi? Beban kota akan menjadi sangat berat," kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, pemerintah Indonesia saat ini ingin menjadikan kota-kota sebagai kota masa depan yang nyaman, layak huni, dan dicintai oleh penduduknya. 

Di sisi lain, Presiden Jokowi juga menekankan bahwa kota masa depan bukanlah sekadar kota modern dengan gedung pencakar langit yang tinggi, melainkan kota yang ramah terhadap pejalan kaki, penyandang disabilitas, pesepeda, dengan lingkungan yang asri. Selain itu, penghijauan kota turut menjadi salah satu fokus utama untuk menciptakan kota yang sejuk dan nyaman.

Merespons arahan Presiden Joko Widodo tersebut, Pj. Wali Kota Bekasi Gani Muhamad mengatakan siap dan harus dilaksanakan. "Menjadi tantangan tersendiri bagi kami di Kota Bekasi untuk terus berbenah. Penataan ruang agar terus ditingkatkan untuk menciptakan tempat tinggal yang nyaman dan aman, serta berorientasi masa depan dengan fasilitas pelayanan publik yang mumpuni," ujar Gani Muhamad.

Gani Muhamad menambahkan, cita-cita tersebut harus beriringan dengan  meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Maka untuk itu kata Gani, apa yang disampaikan Presiden dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ke-XVII di BSSC Dome Kota Balikpapan, tersebut tidak boleh ditawar-tawar. 

"Menjadi tugas penting seluruh Pemerintah kota untuk melaksanakan program-program yang disampaikan Presiden tersebut. Program tersebut tentunya harus merata di seluruh wilayah. Untuk itu perlu peran serta dan dukungan masyarakat," tutup Gani. (Hms/ADV)