Indonesia Darurat TBC, Pj Bupati Purwakarta Minta Warga Periksa Kesehatan

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 18 Juni 2024 13:01 WIB
Pj Bupati Purwakarta Benni Irfan [Foto: Doc. Pemkab Purwakarta]
Pj Bupati Purwakarta Benni Irfan [Foto: Doc. Pemkab Purwakarta]

Purwakarta, MI - Pj Bupati Purwakarta Benni Irfan mengatakan, meningkatnya kasus penyakit tuberculosis (TBC). Indonesia saat ini, berada dalam kondisi gawat darurat TBC, berdasarkan laporan per 2023 dari Kementerian Kesehatan kurang lebih 1.060.000 kasus TBC di Indonesia.

Hal itu disampaikan Benni, dalam sambutannya saat melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 Hijriah di halaman Masjid Agung Baing Yusuf, Senin (17/6/2024).

"Sekali lagi saya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar segera memeriksakan kondisi kesehatan terutama bagi yang memiliki riwayat sesak nafas," ujarnya.

Benni juga mengingatkan, terkait pemilihan kepala daerah 27 November 2024 yakni untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Bupati dan dan Wakil Bupati Purwakarta.

Benni menghimbau dan berharap demokrasi tingkat daerah ini, dapat berlangsung dengan aman lancar damai dan sukses, seperti yang dilaksanakan pada 14 Februari yang lalu. 

"Saya harap juga partisipasi pemilih pada kali ini bisa lebih meningkat bisa di atas 85 persen," harapnya.

"Mari saling mengingatkan, saling mengajak kepada sesama kita, kepada tetangga dan masyarakat kita yang sudah berusia di atas 17 tahun, yang sudah menikah atau yang pernah menikah untuk datang ke TPS untuk memberikan hak suara memilih pemimpin lima tahun mendatang," tambahnya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Benni mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha dan selamat menunaikan ibadah kurban, kepada segenap kaum muslimin dan muslimat di Kabupaten Purwakarta.

"Kita ketahui bersama bahwa perayaan Idul Adha memiliki kaitan yang erat dengan pelaksanaan ibadah umat muslim di seluruh penjuru dunia yang sedang melaksanakan rangkaian ibadah haji," ungkapnya.

Benni mengatakan, ibadah haji merupakan salah satu sarana komunikasi antara seorang hamba, dengan khaliqnya. Ibadah haji juga menjadi kesempatan penting bagi setiap muslim, untuk melatih nilai spiritual dan kesalehannya.

Benni menambahkan, hasil ibadah haji yang sukses adalah kekayaan kedamaian batin yang dibutuhkan secara lahiriyah, dalam nilai-nilai kejujuran yang saling menghormati kemurahan hati kebaikan pengampunan belas kasih dan empati. 

"Nilai-nilai inilah yang sangat diperlukan oleh kita semua jika kita benar-benar ingin hidup rukun di atas dunia ini," tandasnya.

Benni juga mengajak jamaah Shalat Idul Adha dan masyarakat Kabupaten Purwakarta, untuk mendoakan para jamaah haji agar senantiasa diberikan kesehatan serta kelancaran, dalam menjalankan ibadah di tanah suci Makkah. (KS)