Pemkot Bekasi Resmi Luncurkan Aplikasi E-Open 2.0

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 21 Juni 2024 08:14 WIB
Kota Bekasi luncurkan Aplikasi E-open 2.0 Adminduk [Foto: Pemkot Bekasi]
Kota Bekasi luncurkan Aplikasi E-open 2.0 Adminduk [Foto: Pemkot Bekasi]

Kota Bekasi, MI - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menerbitkan Aplikasi E-Open 2.0, yang merupakan upgrade dari sistim sebelumnya. Aplikssi E-open 2.0 tersebut, untuk memaksimalkan atau memperbaharui layanan Administrasi Kependudukan bagi masyarakat secara online, yang bisa diakses kapan dan darimana saja. 

Aplikasi E-Open 2.0 tersebut resmi diluncurkan Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi, R. Gani Muhamad, Kamis (20/6/2024). Saat ini, masyarakat sudah bisa mengaksesnya. 

Menurut Kadisduk Capil, Taufiq, hadirnya Aplikasi E-Open 2.0 akan semakin memudahkan masyarakat, menggunakan website based application. Tanpa perlu mengunduh aplikasi, cukup mengakses laman www.e-open.id, masyarakat sudah bisa menikmati berbagai layanan yang tersedia.

"Dengan berbasis website, masyarakat tidak perlu lagi mengunduh aplikasi lain, cukup mangakses platform atau jenis smartphone," kata Taufiq.

Dengan mengakses website tersebut, lanjut Taufiq, siapapun dan berbagai device bisa dengan mudah serta cepat, mendapatkan berbagai layanan adminduk yang tersedia.

Gani Muhamad mendukung penuh hadirnya aplikasi E-Open 2.0. Ia juga menekankan semakin pesatnya perkembangan teknologi, kebutuhan layanan untuk masyarakat harus terus dikembangkan. 

"Terutana mengenai adminduk yang merupakan syarat utama sebagai Warga Negara Indonesia. Harus tersedia bentuk layanan yang aksesnya mudah, tidak merepotkan, cepat, dan tidak sulit tahapannya, sehingga masyarakat pun merasa nyaman akan pelayanan yang kita berikan," tegas Gani Muhamad.

Menurut Gani, inovasi layanan adminduk E-Open yang sebelumya telah berhasil meraih berbagai penghargaan di tingkat Nasional. Namun Pemkot Bekasi tidak lantas berbesar hati, Disdukcapil terus berinovasi dengan menghadirkan program-program layanan adminduk lainnya, seperti E-open 2.0. 

Namun kata Gani Muhamad, Disduk Capil jangan sampai berhenti hanya sampai disitu, mari ciptakan inovasi-inovasi layanan lain yang lebih canggih. 

"Saya sangat mengapresiasi segala raihan prestasi yang telah ditorehkan Disdukcapil. Dengan menghadirkan inovasi-inovasi baru, program layanan semakin dirasakan masyarakat," ungkapnya.

"Saya pun mendorong Kadisdukcapil dan segenap jajarannya untuk tidak berhenti berinovasi menciptakan program-program terbaik lainnya untuk kemajuan pelayanan publik di Kota Bekasi kedepannya," tutup Gani. (ADV/ART)

Berita Terkait