Kelola SDI Berkualitas Tinggi, Purwakarta Raih Penghargaan Bergengsi

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 19 Juni 2024 11:06 WIB
Kepala Diskominfo Purwakarta, Rudi Hartono [Foto: Doc. Pemkab Puewakarta]
Kepala Diskominfo Purwakarta, Rudi Hartono [Foto: Doc. Pemkab Puewakarta]

Purwakarta, MI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta Kembali meraih penghargaan bergengsi dari Pemprov Jawa Barat (Jabar), atas tata kelola Satu Data Indonesia (SDI) yang berkualitas tinggi.

Penghargaan ini diberikan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta, karena Pemkab Purwakarta berhasil menerapkan standar berkualitas tinggi, dalam tata Kelola SDI. Prestasi ini dapat dicapai, berkat kerjasama dari seluruh dinas dan lembaga di Pemkab Purwakarta. 

Kepala Diskominfo Purwakarta, Rudi Hartono menyampaikan, bahwa penghargaan ini juga mendapatkan apresiasi penuh, dari Penjabat(Pj) Bupati Benni Irwan. 

Beliau berharap, prestasi ini dapat menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja Pemkab Purwakarta, dalam melayani kepentingan publik. 

"Berdasarkan Laporan Penilaian Kualitas Data dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Pemkab Purwakarta mendapatkan penilaian sangat tinggi dalam pengelolaan SDI dengan skor 95.93, yang merupakan kategori sangat baik," kata Rudi.

Penilaian SDI meliputi dimensi Conformity & Metadata dengan skor 99,78, dimensi Uniqueness dengan skor 100, dimensi Consistency dengan skor 100, dimensi Timeliness dengan skor 100, dan dimensi Completeness dengan skor 60. 

Dengan meraih skor sangat baik tersebut, Pemkab Purwakarta berada pada peringkat tertinggi, dalam tata kelola SDI di antara 27 kabupaten/kota di seluruh Jawa Barat.

Rudi menjelaskan bahwa kebijakan tata kelola Satu Data Indonesia (SD) diatur melalui Peraturan Presiden No. 39 Tahun 2019 yang berkaitan dengan tata kelola data pemerintah.

Menurut Rudi, tujuan dari kebijakan ini adalah untuk menciptakan data yang berkualitas, mudah diakses, dan dapat dibagikan antara Instansi Pusat dan Daerah.

"Dengan demikian, SDI bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengambilan keputusan di tingkat nasional dan daerah dengan memastikan ketersediaan data yang akurat, terpercaya, dan mudah diakses oleh berbagai pihak yang membutuhkan," ujar Rudi.

Penghargaan Tata Kelola Informasi

Penghargaan yang diraih melengkapi lima penghargaan lain, dalam bidang tata kelola data dan informasi, yang telah diterima oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta dalam satu tahun terakhir.

Lima penghargaan yang berhasil diraih, termasuk Penghargaan Gerakan Menuju Smart City 2023, dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada bulan Desember 2023.

Selain itu, Penghargaan Top Digital Implementation 2023 Star 4 dari Majalah ItWorks dan Asosiasi IT dan TELCO Indonesia (Desember 2023).

Penghargaan Badan Publik Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota Informatif Dalam E-Monev Keterbukaan Informasi Publik Pada Badan Publik Tingkat Jawa Barat Tahun 2023 dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat (November 2023).

Tak lupa Penghargaan Inovasi Web Desaku Top 50 dari Gubernur Jawa Barat dan Penghargaan Digital Literacy of The Year dari Gubernur Jawa Barat (September 2023).

Rudi Hartono menyatakan, dengan berbagai penghargaan dalam tata kelola sistem data dan keterbukaan informasi publik yang berkualitas, menunjukkan bahwa Pemkab Purwakarta berada pada jalur yang tepat dalam membangun dan memperkuat kualitas informasi strategis bagi publik.

"Peningkatan kualitas informasi publik merupakan langkah yang harus diambil. Masyarakat semakin cerdas dan kritis. Informasi yang berkualitas menjadi tuntutan yang tidak bisa dihindari. Kita harus siap menjawab semua tuntutan publik dengan data dan informasi yang berkualitas," tutup Rudi. (ADV/KS)

Berita Terkait