Polda Jatim Terjunkan 2.959 Personel Gabungan Amankan  AFF U19 di Surabaya

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 16 Juli 2024 3 jam yang lalu
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto. (Foto: Antara)
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto. (Foto: Antara)

Surabaya, MI - Kepolisian Daerah Jawa Timur menerjunkan 2.959 personel gabungan dari TNI-Polri untuk mengamankan turnamen Piala AFF U-19 di Surabaya pada 17-29 Juli 2024. Kapolda Jatim Irjen Pol. Imam Sugianto usai memimpin apel gelar pasukan di Mapolda setempat, Selasa (16/7/2024) mengatakan 2.959 personel gabungan TNI-Polri akan mengamankan AFF U-19 bersama stakeholder lain.
 
"Mudah-mudahan dengan jumlah pasukan itu kita bisa meng-cover semua tempat yang digunakan dalam rangkaian pagelaran Piala AFF ini ada akomodasi dan juga rute yang akan dilalui. Ada dua stadion yang akan diamankan yaitu Gelora 10 November Tambaksari dan Gelora Bung Tomo (GBT)," kata Kapolda Jatim.
 
Dalam AFF U-19 ada 12 negara nanti yang bertanding walaupun mungkin kemeriahannya tidak seperti liga Indonesia. "Ini gelaran Internasional yang standar FIFA harus kita pegang teguh, aturan yang sudah disepakati bersama, mudah mudahan bisa mengamankan, mengawal sampai sukses," ungkapnya.
 
Dia menyebut pengamanan pada AFF U-19 berfokus ke tempat, kegiatan dan pesertanya. "Karena ini banyak orang asing, kita taruh sekuriti officer sebagai LO, manakala di luar jadwal latihan atau pertandingan, para peserta ini ingin berkunjung ke daerah wisata atau tempat keramaian lain itu bisa kita kawal dan pastikan keamanan perjalanannya mudah-mudahan mereka nyaman," pungkas Kapolda.