Kronologi Mobil Truk Terbakar di Tol Tangerang Banten

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 29 Juli 2024 2 jam yang lalu
Petugas Damkar dari BPBD Kabupaten Tangerang saat melakukan pemadaman api yang membakar mobil truk. (Foto: Antara)
Petugas Damkar dari BPBD Kabupaten Tangerang saat melakukan pemadaman api yang membakar mobil truk. (Foto: Antara)

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Tangerang, Polda Banten, menyebutkan bahwa dalam insiden kebakaran sebuah mobil truk boks dengan plat nomor B 9413 AI di Jalan Tol Tangerang-Merak (Tamer), KM 42 arah Jakarta dipastikan hanya ada satu korban alami luka ringan, pada Senin (29/7/2024) dini hari

Kasubnit Gakkum Kecelakaan Lalu Lintas Polresta Tangerang, Iptu Sofiyudin di Tangerang, Senin (29/7/2024) mengatakan satu korban dalam peristiwa kebakaran mobil itu dialami oleh pengemudi mobil berinisial MR, dengan mengalami luka bakar ringan pada bagian tubuhnya. "Korban luka hanya pengemudi truk yakni berinisial MR, dia hanya alami luka bakar ringan," ujarnya.

Ia mengungkapkan pada kejadian kebakaran mobil tersebut korban berhasil dievakuasi dan dilarikan ke Rumah Sakit (RS) terdekat sebagai langkah penanganan. "Korban sudah dilarikan ke RS terdekat untuk langkah penanganan," ucapnya.

Sofiyudin menyebutkan berdasarkan keterangan saksi kecelakaan itu bermula saat truk boks yang dikendarai MR dari arah Merak melaju di lajur dua arah Jakarta. Sesaat sampai di tepat kejadian perkara (TKP), pengemudi kendaraan diduga kurang konsentrasi, sehingga mengalami kecelakaan lalu lintas dengan menabrak pembatas jalan tol tersebut.

Kendati demikian, atas kejadian itu mengakibatkan percikan api dan kemudian membakar permukaan mobil truk boks tersebut. "Diduga karena kurang antisipasi pengemudi truk menabrak kendaraan yang ada di depannya, kemudian oleng dan menabrak barier dan lanjut kendaraan truk tersebut terbakar yang berada di posisi bahu jalan," ungkapnya.

Dalam peristiwa tersebut, tim pemadam kebakaran (Damkar) dari BPBD Kabupaten Tangerang dan PT Jasa Marga berhasil menangani kebakaran kendaraan truk boks di Tol Tangerang-Merak pada Senin dini hari.

Kebakaran yang melanda truk boks di jalur satu atau jalur kiri jalan tol Tamer KM 42 sekitar pukul 05.05 WIB itu, kini api sudah berhasil dipadamkan oleh petugas Damkar pada BPBD Kabupaten Tangerang dan PT Jasa Marga. "Api sudah kita dapat kendalikan dan dilakukan proses pendinginan. Jadi sekarang sudah aman terkendali," jelasnya.

Untuk menangani insiden kebakaran itu, kata dia, pihaknya menerjunkan satu unit mobil pemadam dan empat personel. "Untuk menangani kebakaran itu, kami kerahkan satu unit mobil pemadam pos Balaraja dengan empat personel," pungkasnya.