DPUBM Kabupaten Malang Genjot Peningkatan Jalan Strategis Gondanglegi Wetan-Sepanjang

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 1 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Pelaksanaan pekerjaan perbaikan jalan di Desa Gondanglegi Wetan Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang. (Foto: MI/Rina Sugeng Yuliani)
Pelaksanaan pekerjaan perbaikan jalan di Desa Gondanglegi Wetan Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang. (Foto: MI/Rina Sugeng Yuliani)

Kabupaten Malang, MI – Program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dalam memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan terus dilakukan di tahun 2024. 

Pelaksanaan program melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang, terus berupaya untuk menunjang pemulihan perekonomian masyarakat dengan melakukan perbaikan infrastruktur jalan di wilayah Kabupaten Malang. 

Seperti halnya, perbaikan jalan strategis yang sudah dilakukan di Dusun Kendayakan Desa Gondanglegi Wetan menuju Desa Sepanjang Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang bisa berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

Kepala DPUBM Kabupaten Malang, Khairul Isnaidi Kusuma mengatakan, pihaknya akan terus melakukan perbaikan infrastruktur jalan untuk menunjang perekonomian masyarakat Kabupaten Malang.

"Perbaikan infrastruktur peningkatan jalan yang ada di Desa Gondanglegi Wetan – Sepanjang kita lakukan memakai aspal overlay dan menggunakan penanganan AC-BC + AC-WC dengan total panjang 347 meter. Adapun perbaikan tersebut, kami prioritaskan yang bisa berdampak langsung pada stabilitas meningkatkan perekonomian masyarakat, baik pertanian, perdagangan, maupun pariwisata," katanya, Kamis (1/8/2024).

Khairul Isnaidi Kusuma juga menjelaskan, bahwa perbaikan insfratruktur jalan adalah sebagai bentuk pelayanan terhadap publik atau masyarakat yang harus dilakukan secara merata, untuk pengerjaan di lokasi tersebut dilaksanakan oleh rekanan dengan cara penunjukan langsung (PL).

”Perbaikan infrastruktur tersebut meliputi peningkatan jalan umum, yang bertujuan untuk membuat kenyamanan bagi pengendara kendaraan bermotor. Jadi selain itu juga, akses jalan tersebut sangat strategis untuk dilalui, karena berdekatan dengan pasar Gondanglegi dan banyak tembusan menuju Desa Gondanglegi Wetan, Sepanjang, Tanggung dan Sawahan," jelasnya.

Menurut Sukirno, salah satu warga Desa Gondanglegi Wetan menyampaikan, bahwa pihaknya sangat berterima kasih atas terealisasinya pembangunan jalan tersebut, sebab dengan adanya kondisi jalan yang sudah mulus kembali seperti ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh warga masyarakat untuk beraktivitas dalam sehari-harinya. 

"Kami selaku warga masyarakat Kabupaten Malang bersyukur sekali, karena jalan yang sebelumnya bergelombang dan berlubang, saat ini kondisinya sudah bagus kembali".

"Hal itu, sangat baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan, sebab mayoritas penduduk di sekitar sini, banyak yang mata pencahariannya sebagai petani, pedagang, wirausaha seperti usaha produksi batu bata dan lain sebagainya,” tandasnya. (ADV/Rina Sugeng Yuliani)