Penyerahan SIM Tak Dilakukan di Loket, Ini kata Kapolres Cimahi

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 3 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Satpas Polres Cimahi (Foto: Dok MI)
Satpas Polres Cimahi (Foto: Dok MI)

Cimahi, MI - Penyerahan Surat Izin Mengemudi (SIM) di kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polres Cimahi tidak dilakukan di loket sebagaimana yang sudah disediakan, melainkan di ruang pelayanan pengaduan.

"Terima kasih atas pertanyaannya terkait hal tersebut," kata Kapolres Cimahi, AKBP Tri Suhartanto  konfirmasi mengenai hal tersebut via pesan WhatsApp, Sabtu (3/2024).

Dikatakannya, bahwa penyerahan SIM dilakukan sesuai dengan loket yang sudah disediakan. "Adapun penyerahan (SIM) di kadang kala dilakukan di ruang pengaduan," jelasnya.

Hal tersebut, kata dia, dilakukan karena situasi tertentu ketika pemohon SIM pada hari itu tidak bisa menunggu lama atau datang terlambat. "Sedangkan jam pelayanan pendaftaran tutup jam 11.00 wib. Dengan keadaan tersebut maka penyerahan (SIM) dilakukan diatas jam 14.00 wib dilakukan di ruang pengaduan," ujarnya.

"Namun bila ini menjadi polemik dimasyarakat kami akan lakukan evaluasi untuk hal ini. Sehingga masyarakat yang terlambat atau yang tidak mempunyai waktu banyak agar datang lebih pagi. Dan kami tidak akan melayani masyarakat yang datang terlambat," sambungnya.

Untuk memastikan bahwa pelayanan yang diberikan oleh petugas, baik itu di Satpas, Samsat Cimahi dan Samsat Cimareme berjalan sesuai dengan prosedur. Ia mengatakan, upaya sudah berlangsung dengan menempatkan piket propam yang melaksanakan pengawasan di setiap pelayanan yang ada di Polres Cimahi.

"Khusus untuk Samsat kita sudah berkordinasi dengan Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) untuk meningkatkan pengawasan di lingkungan Samsat," ujarnya.

"Serta membuat himbauan-himbauan humanis tentang tidak ada pungutan diluar PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) baik di Samsat maupun Satpas," ungkapnya.

"Doakan kami agar kami bisa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Mohon maaf bila pelayanan kami belum sempurna tapi kami akan tetap berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," pungkasnya.