Pemkot Bekasi Bersama Unsur Keamanan Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 8 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Simulasi Pengamanan Pilkada Kota Bekasi November 2024 (Foto/Hms)
Simulasi Pengamanan Pilkada Kota Bekasi November 2024 (Foto/Hms)

Kota Bekasi, MI - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 diselenggarakan November mendatang, Pemerintah Kota Bekasi bersama unsur keamanan tingkatkan kesiapan dengan mengadakan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispemkot).

Simulasi tersebut disaksikan langsung oleh Kepala Kesbangpol Nesan Sujana mewakili Pj. Wali Kota Bekasi bersama unsur terkait menyaksikan latihan Dalmas (Pengendalian Massa) yang dilakukan oleh anggota Polres Metro Bekasi di Alun- alun Mayor Hasibuan Kota Bekasi, Kamis (8/8/2024). 

Dalam kesempatan itu Nesan mengatakan, latihan bersama ini bertujuan untuk memastikan kesiapan seluruh unsur keamanan dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang dapat terjadi selama proses Pilkada berlangsung.

“Untuk kesiapan dalam pengamanan setiap tahapan Pilkada serentak 2024, pemerintah dan pihak keamanan, seluruh unsur terkait didalamnya memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya proses ini. Agar proses Pilkada dapat berjalan dengan aman dan sukses,” kata Nesan

Pada kegiatan ini, pihak keamanan melibatkan berbagai simulasi situasi yang mungkin terjadi, mulai dari unjuk rasa damai hingga potensi kerusuhan. Seluruh anggota gabungan dilatih untuk merespon dengan cepat dan tepat, serta menggunakan peralatan dengan benar.

Nesan mengaku optimis dengan kebersamaan dan komitmen menjaga Kota Bekasi yang kondusif, Pilkada serentak 2024 di wilayah Kota Bekasi akan berlangsung lancar, aman dan damai.

Kesiapan Sispamkota ini lanjut Nesan diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat selama berlangsungnya Pilkada 2024. “Pemerintah dan pihak keamanan ingin masyarakat merasa aman dan terlindungi,” ujar Nesan. 

Dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan, Pemerintah dan aparat keamanan penegak hukum mengawal dan mengamankan seluruh rangkaian kegiatan Pilkada 2024, demi terciptanya suasana yang kondusif dan damai. (EZ/Hms/ADV)