APJI Gandeng MES Mengadakan Festival Nasi Uduk Melibatkan Ribuan UMKM

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 11 Agustus 2024 4 jam yang lalu
Pengurus APJI bersama Pj Wali Kota Bekasi, Raden Gani Muhamad (Foto: Dok. APJI)
Pengurus APJI bersama Pj Wali Kota Bekasi, Raden Gani Muhamad (Foto: Dok. APJI)

Kota Bekasi, MI - Asosiasi Pengusaha Tata Boga Indonesia (APTI) bersama Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kota Bekasi, rencananya akan nengadakan Festival Nasi Uduk berbasis Syariah tanggal 30 Agustus 2024. 

Festival nasi uduk berbasis Syariah tersebut menurut pengurus APJI diperkirakan melibatkan kurang lebih 1.000 UMKM se Kota Bekasi. UMKM sangat antusias mengikuti Festival ini karena baru kali pertama digagas dan akan diselenggarakan di Kota Bekasi.

Rencana Festival ini terungkap ketika Pengurus APJI dan MES Kota Bekasi meminta arahan dan masukan dari Pj. Wali Kota Bekasi, Raden Gani Muhamad di Kantor Pemkot Bekasi, Jumat (9/8/2024).

Ketua APJI DPC Kota Bekasi, Ida Rosida kepada wartawan mengatakan, Festival Kuliner Nasi Uduk Bekasi ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pelatihan ketrampilan wirausaha bagi para pelaku UMKM Nasi Uduk yang diselenggarakan Dinas Koperasi UMKM Bekasi bersama APJI DPC Kota Bekasi beberapa waktu sebelumnya. 

“Mudah-mudahan festival ini menjadi promo bagi pelaku UMKM nasi uduk. Insya Allah ke depan Kota Bekasi menjadi destinasi wisata kuliner nasi uduk. Sehingga, usaha nasi uduk bisa naik kelas untuk pertumbuhan usahanya secara berkelanjutan,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris APJI DPC Kota Bekasi, Ira Dyah Loka mengatakan, silaturahmi dengan Pj Wali Kota untuk meminta dukungan dan arahan agar rencana pelaksanaan Festival Nasi Uduk 2024 ini berjalan sukses. 

“Alhamdulillah Bapak Pj Wali Kota Bekasi merespon positif dan mendukung penuh kegiatan Festival Nasi Uduk Bekasi 2024 ini. Kami memiliki visi untuk pemberdayaan UMKM khususnya pengusaha Nasi Uduk Bekasi sekaligus melestarikan kuliner Nasi Uduk sebagai warisan budaya Lokal Bekasi,” kata Ira.

Menurut Ira, dalam Festival Nasi Uduk Bekasi nanti juga akan diadakan lomba hias nasi tumpeng yang akan dilangsungkan pada 30 Agustus 2024. Pihaknya mengajak seluruh masyarakat Kota Bekasi untuk berpartisipasi dalam lomba hias tumpeng. Momen Ini sekaligus memeriahkan HUT RI ke-79 tahun. 

“Dalam lomba hias nasi tumpeng, penjurian kita percayakan kepada dewan juri yang kompeten di bidangnya, diantaranya: pemilik Rumah Makan Griya Wulan Sari, Harti Muntako sebagai Juri Kehormatan, sementara Chef, Yudi Dwiguna dan Chief Agus. Untuk pemenang lomba hias nasi tumpeng bagi Juara 1 akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp.1,5 juta berikut piala serta voucher. Untuk juara kedua uang tunai Rp.1 juta berikut piala serta voucher. Sementara bagi juara ketiga mendapat uang tunai Rp.500.000,- ditambah piala dan voucher,”  kata Ira. 

Untuk diketahui, dalam silaturahmi Ketua APJI, Ida Rosida dan Sosilowati selaku bendahara APJI Kota Bekasi dengan Pj Wali Kota Bekasi, Raden Gani Muhamad, Pj. Wali Kota didampingi, Rita Hartati selaku Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kabag Koperasi Kota Bekasi, ASDA II, H. Inayatullah dan MES Bekasi diwakili Hidayat Tri. (M.A/Adv)