Lepianus Zine Kogoya: Calon Bupati Mamberamo Tengah Terkuat

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 15 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Lepianus Zine Kogoya (Foto: Istimewa)
Lepianus Zine Kogoya (Foto: Istimewa)

Mamberamo Tengah, MI - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) mengeluarkan hasil survei terkait pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)  2024 di Kabupaten Memberamo Tengah, Provinsi Papua Pegunungan. 

Hasil survei menunjukkan nama Lepianus Zine Kogoya unggul dalam berbagai simulasi survei dinilai responden.

"Dalam pertanyaan terbuka jika Pilkada digelar saat ini maka hasilnya tingkat keterpilihan Lepianus Zine Kogoya Sangat tinggi di Mamberamo Tengah. Lepianus Zine Kogoya unggul jauh dari kandidat calon bupati lainnya dalam pemilihan Bupati Mamberamo Tengah pada November 2024 mendatang," kata Direktur Eksekutive LKPI Togu Lubis dalam keterangannya, Kamis (15/8/2024).

Togu menyatakan, pada survei tingkat elektabilitas berdasarkan pertanyaan top of mind Calon Bupati Mamberamo Tengah periode 2024- 2029 di antaranya Lepianus Zine Kogoya berada di posisi tertinggi dipilih sebanyak 25.3 persen.

Kemudian, Yonas Kenelak  20.6 persen, Mesir Jikwa 11,6 persen, Berius Kogoya  10,7 persen, Itaman Thago 6,1 persen, Leonar Doga 5,1 persen, dan Eremen Yogosam 3.4 persen. 

Selain itu, nama lainnya seperti Hengki Dani Yikwa ,Amar Pagawak, Onny Bernie Pagawak elektabilitanya di bawah 2 persen, dan yang belum menentukan pilihan dengan sebanyak 12,2 persen.

Dalam simulasi dengan tertutup disodorkan 8 daftar nama tokoh bakal calon bupati,dengan pertanyaan tertutup jika Pilkada saat ini tokoh mana yang akan bapak/ibu pilih?.

Hasilnya, nama Lepianus Zine Kogoya mendapat dukungan terbanyak mencapai 26,3 persen. Disusul Eremen Yogosam 17,2 persen, Mesir Yikwa 13,1 persen, Yonas Kenelak 12,7 persen, Berius Kogoya 7,2 persen, Aruam Pagawak 3,7 persen, Itaman Thiago 3,2 persen, Leonar Doga 3,1 persen, dan tidak memilih sebanyak 13,5 persen 

Sementara itu, lanjut Togu, juga dilakukan simulasi menyodorkan 4 daftar nama tokoh bakal calon bupati,dengan pertanyaan tertutup jika Pilkada digelar saat ini tokoh mana yang akan bapak/ibu pilih?.

Hasil Survei menunjukan bakal calon Bupati Lepianus Zine Kogoya mendapat dukungan 32,7 persen, Mesir Yikwa 27,2 persen, Eremen Yogosam 17,7 persen, Yonas Kenelak 12,6 persen, dan tidak memilih sebanyak 9,8 persen.

Lebih lanjut, dalam simulasi head to head antar-nama bakal calon Bupati Mamberamo Tengah saat berhadapan dengan Yonas Kenelak maka Lepianus Zine Kogoya unggul 46,4 persen. 

Disusul Yonas Kenelak 30,7 persen, kemudian 22,9 persen yang belum memutuskan atau tidak menjawab.

Begitu juga saat head to head dengan Mesir Jikwa , Lepianus Zine Kogoya masih unggul 41,8 persen, sementara Mesir Jikwa 32,3 persen dan 25,9 persen belum memutuskan atau tidak menjawab.

"Selanjutnya, berhadapan dengan Eremen Yogosam, Lepianus Kogaya kembali unggul 44,6 persen, Eremen Yogosam 38,1 persen, dan 17,3 persen belum memutuskan atau tidak menjawab," kata Togu.

Togu menjelaskan, survei ini berlangsung pada periode 4 - 12 Agustus 2024 dengan tujuan memotret peluang dari bakal calon Bupati yang paling sering disebut-sebut namanya dikalangan masyarakat di Kabuputen Mamberamo Tengah menjelang Pilkada 2024. 

Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia di Kabupaten Mamberamo Tengah memiliki hak pilih dalam pemilihan umum, yaitu mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih. 

Sampel sebanyak 900 orang diambil dengan menggunakan metode multistage dengan toleransi kesalahan (margin of error) ±3,24% pada tingkat kepercayaan 95%, dengan asumsi simple random sampling. 

Sementara teknik pengambilan data dilakukan dengan bertatapan langsung responden memakai metode kontrol dokumentasi.

"Hasil temuan survei 1 Dalam survei ini, ditemukan bahwa awareness atau pengetahuan publik atas pelaksanaan Pilkada Mamberamo Tengah 27 November 2024 baru di angka 51,3%. Sementara publik Kabupaten Mamberamo Tengah yang mengaku belum tahu pelaksanaan Pilkada sebesar 48,7%," ujar Togu.

Temuan survei 2, lanjut Togu, menunjukkan, approval rating atau kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah di bawah kepemimpinan Ricky Ham Pagawak dan Yonas Kenelak mencapai 29,1% sedangkan yang tidak puas sebesar 70,9%. 

Kemudian temuan survei 3 menunjukkan harapan pada Bupati dan Wakil Bupati Mamberamo Tengah yang terpilih di Pilkada Mamberamo Tengah 2024 yaitu sebanyak 87,2% ingin adanya pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi. 

Lalu, sambung Togu, sebanyak 83,6% ingin perbaikan dan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan sebanyak 79,8% ingin peningkatan fasilitas listrik dan penerangan di jalan jalan yang lebih merata, dan sebanyak 77,7% ingin kestabilan harga ketersediaan pangan.

"Pada temuan survei 4, kriteria calon bupati yang terpenting bagi responden mampu menciptakan pemerintahan daerah yang bersih dan meningkatkan perekonomian (60,9%) jauh meninggalkan kriteria lainnya, seperti merakyat (21,3%), berwibawa (10,4%), ataupun pintar (7,4%) sebagai faktor terpenting bagi pemilih," ujar Togu.

Togu mengungkapkan, hasil survei ini menggambarkan bahwa masyarakat Mamberamo Tengah menginginkan Pilkada 2024 nantinya menghasilkan pemerintahan yang bersih dari korupsi dan kemajuan ekonomi masyarakat. 

Karena itu, ia menilai, kecil kemungkinan Yonas Kenelak menang dalam Pilkada karena rendahnya kepuasan masyarakat terhadap kinerja kepemimpinan Bupati Ricky Ham Pagawak dan Yonas Kenelak yang diwarnai dengan pemerintahan yang korup.

"Sementara munculnya nama Lepianus Zine Kogoya oleh masyarakat Mamberamo Tengah dianggap sebagai sosok pembawa perubahan bagi Kabupaten Mamberamo Tengah," pungkasnya.