2.000 Personel Polda Kaltim Amankan Upacara HUT RI ke-79 di IKN

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 17 Agustus 2024 8 jam yang lalu
Ilustrasi [Foto: Ist]
Ilustrasi [Foto: Ist]

Penajam Paser Utara, MI - Sedikitnya 2.000 personel Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur (Kaltim) dilibatkan, dalam pengamanan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), sebagai ibu kota baru Indonesia di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
"Lebih kurang 2.000 personel dari satuan Polda, Polres, Polsek dan personel korps Brimob Polri dilibatkan dalam pengamanan upacara kemerdekaan," kata Kepala Bidang Humas Polda Kaltim, Komisaris Besar Polisi Yulianto di Kota Balikpapan, Provinsi Kaltim, dikutip Sabtu (17/8/2024).
 
Polda Kaltim juga mengerahkan sebanyak 4 unit helikopter, yang disiagakan untuk mendukung mobilitas selama upacara 17 Agustus di IKN.
 
Empat helikopter tersebut, dari Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri, dan sejumlah pilot berasal dari Direktorat Polisi Udara Korppolairud Baharkam Polri.

Tidak hanya di darat dan udara, lanjut Yulianto, Polda Kaltim juga menyiagakan personel untuk membantu pengamanan di jalur perairan, khususnya untuk jalur yang dilalui para tamu very very important person (VVIP) maupun very Important person (VIP).
 
Polda Kaltim, melalui Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) mengerahkan sebanyak 5 unit kapal.
 
Pengamanan juga disiapkan anggota Patwal yang berasal dari luar Polda Kaltim, menurut dia, sejak tiba di Kaltim selalu libatkan dalam rangkaian pengawalan sehingga mudah untuk beradaptasi.

"Cuaca cukup panas, diharapkan nanti saat upacara bisa teduh. Personel yang terlibat upacara, sudah dilatih upacara di Balikpapan pada siang hari dan juga penguatan fisik," ungkapnya.
 
Personel juga melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, yang dilakukan tenaga kesehatan dari Biddokes Polda Kaltim, dan diberikan waktu istirahat yang cukup dengan pola pengamanan bergiliran.
 
Personel yang terlibat diminta untuk bekerja dengan baik, maksimal, ikhlas dalam pengamanan serta memberikan pelayanan kepada masyarakat sebaik mungkin, kata Yulianto.

Berita Terkait